Oleh: adek | Desember 2, 2007

Rotogravure

573px-rotogravuresvg.pngRotogravure adalah salah satu teknologi dalam dunia percetakan. Pengertian Rotogravure itu sendiri dalam dunia grafika berarti cetak dalam. Atau juga disebut teknologi cetak yang biasa digunakan untuk mencetak media yang terbuat dari bahan yang fleksibel (misalnya; berbagai jenis plastik, alumunium dan kertas serta PVC).

Bahan yang akan dicetak adalah dalam bentuk gulungan. Hasil dari cetakan rotogravure tersebut tidak langsung dapat dinikmati oleh konsumen, tetapi harus melalui beberapa tahap proses berikutnya.

Contoh untuk kemasan makanan ringan. Plastik hasil cetakan dilaminasi terlebih dahulu dengan menempatkan rol yang telah dicetak ke mesin laminasi, kemudian plastik rol tersebut dilapisi dengan bahan perekat dan ditempelkan ke media lain berupa “metalize” (campuran antara bahan plastik yang dilapisi dengan alumunium).
Hasil rol yang telah dilaminasi kemudian dikeringkan dengan cara ditempatkan diruang panas atau ada juga yang hanya butuh temperatur kamar biasa. -(di “aging”)- terlebih dahulu.
Gulungan yang telah dikeringkan kemudian dibawa ke mesin potong atau mesin pembuat kantong, untuk memotong gulungan panjang dan lebar menjadi ukuran tertentu atau langsung dibuatkan kantongnya sesuai dengan pesanan dari produsen makanan ringan tersebut.

Proses tersebut diatas hanya gambaran singkat saja, dibalik itu masih banyak sekali teknologi yang digunakan dalam dunia rotogravure untuk menghasilkan suatu kemasan. Mulai dari desain, pembuatan tabung silinder cetak dari besi, pelapisan tembaga, pembuatan gambar diatas silinder cetak besi yang telah dilapis tembaga, pelapisan chrome, pencetakan, inspeksi, laminasi, pemotongan, pembuatan kantong serta masih banyak lagi proses didalamnya.

Karena dalam prosesnya merubah bentuk bahan dasar menjadi bahan jadi, biasanya proses ini dinamakan proses “converting” atau dengan kata lain adalah “converting industry”

Diambil dari Ind-Wikipedia

Iklan

Responses

  1. alo…boleh jg neh kan blog2 yg ngupas khusus rotogravure masih jarang…

  2. tlg kasih tau problem2 yang ada di bagian printing. makasih

  3. mo nanya lg masalah urutan proses printing nya? makasih. tlg jawabanya di kirim ke emailku

  4. mau tanya nihh pak.. saya tidak jelas dengan proses cetak ini. cetakan ini-kan berwarna c,m,y,k nah rasternya itu dari cylinernya?? jd ada 4 cylinder begitu??

    tolong pak dijawab yahh…

  5. @ supardiyo, mengenai problem utama printing adalah miss register/ cetakan yang ngak tepat antara 1 warna dengan warna yang lain… ini klasik problem yang selalu ada sejak dulu pada proses cetak baik itu Rotogravure ataupun offset

    Ada masalah lain yang lain diantaranya adalah akibat dari kotornya tinta, bisa menyebabkan cetakan bergaris, atau media cetak yang dipakai bermasalah menyebabkan cetakan jari tidak baik

    Mesin cetak rotogravure terbagi 3 bagian yaitu unit unwinder, unit cetak, dan unit rewinder. Proses cetak dilakukan pada unit cetak, yaitu dimana material film yang akan dicetak masuk ke unit cetak dan kemudian ditekan ke permukaan cetak oleh impress roll ke permukaan cylinder cetak. Pada permukaan cylinder cetak ini terdapat cell yang berisi tinta yang akan ditransferkan ke permukaan material cetak.

    @ Hardi, yang anda katakan benar adanya cmy, k (k nya sendiri adalah visual color yaitu black atu white) yang disebut sebagai warna dasar, yang bisa dipadukan untuk membuat warna yang diinginkan dalam proses cetak. Ada warna lain yang kita sebut warna special, seperti gold atau deep blue, light blue dan lain-lain.

    artinya jika kita mau buat sparasi warna butuh 5 cylinder bukan 4 yaitu black, cyan, magenta, yellow dan white (urutan tergantung dari cara kita mencetak surface print atau back print)

    • boleh minta no contactnya bos ?

  6. mas tlg ak di berikan materi yg banyak tentang kendala2 di printing tentang rotogravure soalnya itu buat tugas akhir.
    terima kasih matur suwun

  7. @ supardiyo, aku ingin bantu… maap sebelumnya bisa lewat imelku adekrawie@yahoo.com semua pertanyaan yang ingin kao tanyakan, oke

    btw, sekolahnya dimana nih..?

  8. Salam kenal..,
    dari Inglesjz.

    Saya mau tanya sesuatu yaitu bagaimana cara mengatasi problem “BAYANGAN” pada hasil cetak rotogravure? Yang dimaksud bayangan disini adalah samar2 suatu tinta terlihat tercetak seperti kabut pada area non print. Apakah karena cylindernya ngayun (tidak stabil putarannya saat berputar) atau naik turun sehingga doctor blade kadang melekat erat dan pada posisi lain longgar, atau pengaruh electrostatis sehingga tinta melekat erat diarea non print sehingga tidak terkikis doctor blade??

    Mohon bantuan solusinya. Masih banyak lagi nih yang mau ditanyakan kalau Adek tidak keberatan.

    Terima kasih banyak.
    Wassalam

  9. Problem yang disebut “BAYANGAN” itu, jika membaca ciri-cirinya di tempat kami disebut dengan “KABURI”. Hal ini biasanya disebabkan oleh putaran cylinder yang tidak stabil, posisi doctor blade yang tidak standar/ terlalu datar, viscositas tinta yang terlalu tinggi dan permukaan cylinder yang kasar. Biasanya problem ini dikarenakan tinta yang tidak tersapu oleh doctor blade sehingga tertransfer ke material film.

    Untuk mengatasi masalah ini saat akan memasang (setting) cylinder pastikan putaran cylinder sudah stabil dengan mengukur menggunakan DIAL GAUGE. Untuk pengukuran kestabilan cylinder ini, goyangan yang diperkenankan sekitar ± 20 degree. Jika masih goyang (>20 degree) lakukan setting ulang dan lakukan pembersihan pada lubang cones dan pemeriksaan pada shaft cylinder (jika mesinnya menggunakan shaft) apakah masih rata atau tidak.

    Untuk mengatasi masalah doctor blade yang terlalu datar, standar setting doctor blade yang digunakan harus membentuk sudut 60 derajat ± 5 derajat. Selain itu cek juga permukaan doctor blade bergelombang atau tidak dan mata doctor blade rata atau sudah cacat.

    Untuk mengatasi masalah “BAYANGAN” ini yang dikarenakan oleh viscositas tinta, lakukan pemeriksaan viscositas tinta secara rutin (sekitar antara 10 menit hingga 20 menit sekali). Untuk proses cetak dengan high speed (lebih dari 100m/min) jaga viscositas tinta sekitar 14 sec hingga 16 sec.

    Setelah cylinder dipasang di mesin, lakukan pengamplasan cylinder secara melintang untuk menghaluskan permukaan cylinder.
    Semoga bisa membantu.

    Btw kerjanya dimana mas….?

  10. Mas mau tanya dong ?
    1. kalo di proses bag making pada saat proses kadang terdapat kotoran didalam bag kenapa yah ? apa solusinya ?
    2. tolong dijelaskan karakteristik material yang digunakan di rotogravure dan amankah material itu jadi konsumsi (alat/tempat) makanan dan minuman ?
    tolong dijawab yah mas buat tambahan skripsi saya mengenai material .

    makasih mas

  11. Dear Dik ( atau Mas? ) Adek.
    Terima kasih atas bantuan solusinya . Sangat jarang di Indonesia ini orang2 seperti anda yang mau terbuka dan sharing khususnya dalam dunia industri flexible packaging.
    Kebanyakan mereka tertutup dengan alasan klasik “Menjaga Kerahasiaan Perusahaan”, agar tidak diketahui pesaing dsb dsb. Apakah anda tidak khawatir nanti disomasi oleh pihak perusahaan tempat anda bekerja?

    Memang batasnya sangat tipis antara “Menjaga Kerahasiaan Perusahaan” dengan ”Sharing Ilmu ke Publik”.
    Saya sudah pensiun dari suatu perusahaan flexible packaging (maaf sementara belum dapat saya sebutkan karena belum mendapat izin dari pemilik perusahaan) dan sekarang menjadi “PENGACARA” alias Pengangguran Banyak Acara….

    Kadang2 ngajar di Sekolah2 Kejuruan Khusus Grafika tapi sebagai dosen atau guru tamu saja untuk memperkenalkan praktek (bukan theori) dunia kerja khususnya dunia flexible packaging kepada anak2 didik di Indonesia guna bekal mereka saat terjun kemasyarakat nantinya kalau mereka ingin memilih bidang ini .
    Sekali lagi teri amaksi ya..

    Jangan bosan untuk nanti merespon beberapa pertanyaan dari saya yang lainnya.
    Wassalam..

    n

  12. Dear Jalu
    Dear Adek , boleh kan ikut sharing solusi di blog ini..?
    Problemnya Mas Jalu itu apakah bisa dirinci ?Yang dimaksud kotoran itu kotoran apa ? Misalnya apakah sisa2 spray powder dari proses sebelumnya (EC atau DL) atau kotoran2 dalam bentuk potongan2 plastik ex proses slitting? Atau kotoran2 lain dari proses sebelumnya ?
    Karena solusinya berbeda-beda.

    Contoh kalau dari spray powder, tergantung sifat kemasan yang diinginkan client. Ada client yang ingin kemasannya BENING / TRANSPARAN, maka penggunaan spray powder dalam SPK Kerja Operator Laminasi seharusnya jelas tercantum dalam dokumen itu, jadi operator2 harus mematuhinya. Jika sudah terlanjur, biasanya pada unit unwinder slitting atau bag making pada sisi bagian dalam roll ditempelkan kain flanel halus berbentuk kantong memanjang roll (biasanya diisi kapas) dan secara berkala harus dikontrol dan dibersihkan . Selain itu, pada unit unwinder slitting atau bag making , kami gunakan penghisap debu tekanan tinggi dgn lubang penghisap yang pipih pada unit unwinder didekat kantong flanel tersebut.

    Memang tidak membersihkan 100% tapi lumayan untuk meminimize kotoran. Yang penting gunakan prinsip : “BEKERJALAH DENGAN BENAR SEJAK AWAL PERSIAPAN” . maka kesalahan/ semestinya akan terhindari.

    Mengenai karakteristik plastik buat makanan, saya punya literatur2 nya . kalau membutuhkan dapat menggunakan email JAPRI karena attachmentnya cukup banyak.
    Mungkin Pak Adek bisa membantu memberi solusi lain.?

    Terima kasih, semoga bermanfaat
    Wassalam..

  13. Aha … jadi rame nih..

    aku panggil sdr. Inglesjz dengan sebutan Pak Dosen ja oK.

    Semula waktu buat blog ini aku tidak mau memoderasi setiap tanggapan yang masuk, tapi belakangan ini jadi lebih menarik ketika yang bertanya lebih banyak dan menggigit ha.. ha..

    Untuk Pa’ Dosen, dengan alasan share ilmu sepertinya kita ngak usah takut di somasi ya…, toh kita tidak dalam rangka menjelekan pihak-pihak tertentu apalagi pencemaran nama baik. Niatnya aja yang ihklas.

    Pak Dosen monggo dikirimi aku lewat email adekrawie@yahoo.com literatur yang bapak maksudkan. Untuk tambah ilmu.

    @ sdr Jalu, Kotoran dalam bag, memang susah dikontrol. Tapi jika kita tahu asalnya dari mana kita bisa menghindari dari sana.
    Misalkan karena spray. mending dikontrol waktu proses sebelumnya, karena susah dikontrol jika sudah ingin di proses bag makingnya, jika tetap tidak bisa dihindari pergunakan tanda peringatan untuk proses berikutnya, supaya jadi perhatian atau nanti dipisahkan, ditangani khusus. ehingga tidak kelolosan

    Yang lain adalah karena melting yang berlebihan pada sealing layer. Kalau diluar bag masih terlihat, tapi didalam bag perlu penanganan khusus dengan mengatur temperatur sealing yang pas. Pas disini pengertiannya tidak lemah dan meltingnya tidak berlebihan.

    Karena yang kita hadapi masalahnya adalah merupakan bagian dari karakteristik proses yang tidak bisa hilang, salah satu cara adalah mengurangi.

    gethooo ajah

  14. maz adek salam kenal..

    aQ maw nanya ni..
    tentang proses pembuatan silinder rotogravure dari proses awal sampe proses akhirnya???

    pasti banyak banget khan tugh…
    makaci loh maz..
    aq bener2 butuh bwat TA aq…
    blz ke email aQ ajah yah maz..

    **yecie**

  15. salam kenal,

    saya mahasiswi teknologi grafika di sebuah perguruan tinggi swasta di jkt mas,, saya mengambil tugas akhir ttg silinder cetak rotogravure.. kira2 mas punya tdk tentang proses pembuatan silinder cetak rotogravure.? saya bingung mencari kemana2 tapi tidak ketemu mas..

    mohon kirim ke email saya goodiesindo@yahoo.com
    terimakasih banyak mas,

    wass.

  16. @ yessy, senang bisa membantu rekan-rekan mahasiswa/i. Terutama untuk ilmu yang susah ini ha ha ha…

    Aku mungkin bisa bantu silahkan layangkan pertanyaan blog ini kita terbuka saja biar yang lain bisa dapet sharing juga… ya…

  17. Ms ak mo nanya tentang jenis jenis tinta dan solvent. Sblmny makasih

  18. Sayang sekali ye ane baru ‘ngeh’ site ini soalnye ane dah kluar dari kerjaan pdahal banyak kali ilmunye kalo seandenye masih gawe. Ato mas – mas pada punya info kerjaan di rotogravure ? Ane sebetulnye enjoy banget di rotogravure tapi karena alasan sistem dikerjaan ane, ane mundur dah. Eh jd curhat, btw lam kenal aje

  19. Yan at unimass024@gmail.com

  20. Sapa yang mo kasih info bisa di unimass024@gmail.com, thanks

  21. mo nanya nih…di kompas 12 november 2008 ada peringatan dari PT. unipack indosystems kepada pengguna teknik rotogravure.
    tentang itu, bukankah teknik rotogravure sudah ada lama, artinya teknik ini sebenarnya nga boleh di paten oleh orang indonesia kan??
    punya data nga soal penggunaan rotogravure dalam proses cetak dalam (scratch printing) sejak lama??
    trims

  22. wah bru taw ni Mas ad blog yg ngbahas ttg dunia cetak kyk gini, jd pgn gabung, oh iya mas salam kenal sebelumnya. saya mahasiswa PTN d dpk jur grafika nyh segitu dlu yak mas adek (bngung) mo mnggil apa hehe

  23. Hai Friend lam kenal,

    saya mau tanya tentang kesulitan di laminating khususnya dry laminasil. bagaimana mengatasi adhesive yang tidak naik ke permukaan web, apa karena corona treatment web kurang atau bagaimana? untuk yang tahu shere ya, thanks.

  24. salah satu seperti itu, yang lain mungkin wettability adhesive bisa berpengaruh, juga terkait dengan viskositas proses sudah tepat atau belum..

    jadi ciptakan kondisi proses yang sesuai dengan karakteristik proses ditempatmu..

  25. Slm knl,mas adek?saya sangat antusias sekali dgn blog anda,memang jrang skali saat ini orang yg mau brbagi ilmu khususny di dunia flexible packaging.sy mo sharing ja,memang dlm proses ctk roto melalui 3 thp dr mulai unwindr-press-rewindr.prtanyaan sy yg 1.menurut anda faktor pa sj yg sbaikny hrs diperhatikan agr hsl ctk sesuai dgn warna standr yg di acc klien-baik tu fktor teknis maupun non teknis? Yg ke2. Msalah pa sj yg sring dihadapi pd saat proses ctk dan bgaimana solusiny.trimksh

  26. Pak dosen… mohon pencerahan nih… apa anda punya referensi buku2 atau ebook tentang rotogravure ini?

    desperado_cp@yahoo.com

  27. Aslm tolongin donk pak, masih bingung nich tentang proses produksi gravure!!!
    tolong donk dijelasin dr mule artwork ampe delivery

    makasih banyak

  28. tolongin juga jelasin gambar rotogravure di atas, A itu apa, n dst!!

    plese bgt!

  29. astaga….

  30. Wah maz expert yah dlm dunia roto, sudah lama yah knl dunia roto… O yupz q andie lam knl…q mo nanya gmn cara menentukan gravure parameter waktu akan engrave, blz di email q az…

  31. Pak knapa waktu dry lam. gbar blok putih/ over white n di join dgn matalizing selalu ada bubble2. bahane opp pak.

    • biasa viskositas terlalu tinggi atau blok tinta tipis atau silindernya kurang dalam sehingga coating weight kurang, karena kejadian seperti ini pemisahannya aja yang harus diperjelas berapa panjang sehingga defect tidak masuk ke custumer
      makanya seringkali ada percetakan pakai double white untuk mencegah hal ini

  32. Salam kenal

    Perkenalkan saya Kulitintacetak, kalau ada waktu silahkan mampir ke blog saya.

    Terima Kasih

    • salam kenal juga pak kulitintacetak… seram kali namanya

  33. salam kenal, saya mau tanya : kenapa waktu printing sering terjadi baret2 halus, kecepatan speed apakah berpengaruh pada printing? kalau ya kenapa, kalau tidak kenapa? bgm cara melihat bahwa cylinder itu harus di service kembalai atau di hard crome? tks,

    • doktorblade diamplas bang, ato ada tinta kering di bak tintanya.
      raster sdah tipis ato gbar kurang tajam….

  34. pisau sdh diamplas, yg sering timbul baret2 pada warna black dan special blue, cylinder masih bagus, kalau gambar kurang tajam tdk nimbul bahkan tipis….

    • apa cylindernya ga cacat pak? pake cylinder tembaga ato hard chrom>? gambare gradasi ato sparasian pak?
      cb diseting lg bladenya pak? posisi 60* pada cylinder…

  35. Boss, cylinder masih ok, pake yg hard chrom, gambar pasti kita pakai raster/gradasi…. pisau kalau ikut 60* khan kdg2 tidak ketemu warna yang empu mau jadi bisa naik turun dan pisau ada stell kdg maju dan dipendekin ya.. tergantung dari designnya… numpang tanya donk bos.. emang kerja dimana neh? boleh donk sesekali ketemu bisa share…..tks

  36. Di perusahaan printing di surabaya, ya betul kadang ada penyetelan doktor blade untuk pengaturan warna, klo blade terlalu pendek bsa2 gradasi ga keluar ato gradasi patah. pke mesin apa? kpan2 boleh ktmu klo saya ada waktu. posisi ada dimna? n kerja dmana?

    • bung dion boleh minta alamat emailnya….ini email saya trast_77@yahoo.com

  37. Halo semua.
    Nama saya Imam…saya pernah di PT. Alcan Packaging Flexipack ( dulu PT. Argha Karya Prima Industry divisi Converting )..Saat ini juga masih di seputar rotogravure yakni di PT. Karya Indah Bersama. Sebuah pabrik baru…
    Saya antusias dan excited banget membaca blog ini. Bisa saja para praktisi untuk sharing mengenai seputar dunia rotogravure baik dari pre order sampai post deliver. Saya saat ini kerja di bagian PPIC. Jadi sumbang saran dan berbagi cerita seputar yang umum saya pikir bukan lah bagian dari membocorkan rahasia perusahaan.
    Salam packaging!!!

    • Mas coba tolong berikan contoh perencanaan produksi untuk printing, dry dan slitting terima kasih

    • salam>>

  38. ok bsa hub saya di’ ; aremadion@yahoo.com

    • mantapssss

  39. ok bos !! perusahaan printing dmna?

  40. dear mas adek,

    kalau ada cetakan gradasi yang melingkar (spt kalau gambar cahaya bulan), itu kenapa mencetaknya susah sekali ya? hasilnya garis2 (gradasi nggak keluar). kalau tinta encer, bagian bloknya nggak menutup sempurna. kalau tinta kental, gradasi nggak mau keluar.

    thanks for sharing…

    • dalam dunia percetakan gravure, gradasi yang melingkar ini memang menjelimet, mau ditarik dari manapun kadang susah dak ketemu juga, dikami biasa dibantu waktu buat silindernya, dimana cylindernya pakai rastes yang halus dan data digitalnya di photoshop di noise supaya dak jumping,

      priska kalok buat siindernya inhouse bisa trial and error sampai jadi yang terbaik dari yang diinginkan custumer. atau yang paling mudah kalok custumernya ngerti cetakan ada bagian yang dikalahkan dalam design tersebut.. sing penting sepakat dulu

  41. viscosity tinta brapa pris? n pake zahn cup no brapa?

  42. Pak , boleh tahu proses pembuatan selinder rothogravure dari awal sampai akhir , thank

    • boleh…

  43. Mas saya mau belajar tanya soal….engrave…..bagaimana hasil printing supaya sama untuk job yg sama….jika untuk job tsb menggunakan 1 set 12 cylinder yg salah satu warna ( ambil contoh Magenta) dibuat 2 cylinder untuk back up tetapi diengrave di 2 mesin berbeda ( HELLIO dan MDC)…….

  44. — On Sat, 8/7/10, Indra Gunawan wrote:

    From: Indra Gunawan
    Subject: ALL ABOUT ROTOGRAVURE
    To: adekrawie@yahoo.com
    Cc: indra_vw98@yahoo.com
    Date: Saturday, August 7, 2010, 5:41 AM

    Salam kenal mas…..saya indra

    Saya bergelut soal rotogravure sejak th 98 sampai dg 2008 dan th 2008 s/d saat ini saya hanya menikmati dan mengembangkan hasil dr teknologi cylinder making nya saja…..

    adapun saya punya pertanyaan mengenai raster pada cylinder….bagaimana mengatasi perbedaan raster jika ada 1 job yg sama tetapi di engrave dengan unit mesin yg berbeda juga dengan teknologi yg berbeda

    jawab :

    Mas iwan sepertinya pointnya adalah meskipun mesinnya berbeda jika memiliki setting, data dan proses cylinder making yang sama (proses cylinder making ini contohnya sama2 engraving atau sama2 laser) akan memiliki hasil ruster yang sama. Jd kalo dari pertanyaan tersebut Cuma pastikan saja kedua mesin tersebut memiliki setting, data dan cara proses yang sama saja.

    Dibeberapa custumer bisanya mereka mengeluarkan kebijakan cylinder dari satu tempat saja walau nyetaknya di beberapa tempat.

    Sebelum panjang nyerocosnya ada satu pertanyaan lagi yang perlu diperjelas lagi tekhnologi yang berbeda ini maksudnya apaan ya? Atau maksudnya tekhnologi engraving vs tekhnologi laser?

    regards

    adek

  45. Bos mau tanya apa penyebabnya hasil cetakan pada rotogravure hasilnya sering nggaler-nggaler terutama warna black dan gradasi sering putus ?
    terimakasih atas perhatian.

    • apa pengertianmu tentang ngaler ? mungkin ini karena viskositas tinta kurang pas. viskositas terlalu kental dan speed rendah biasa menyebabkan hal demikian. emang berapa viuskositas ama speed mesinnya bung agung ?

    • nggaler (bahasa Jawa mungkin ya bung)
      biasanya disebabkan impression roll (roll karet) yang tidak lagi rata (shore hardnessnya mungkin sudah out of standard)…bisa dicoba ganti Impression roll yang lebih baik kemudian atur air pressurenya juga…gradasi putus bisa juga dari cylindernya (ruster yang kurang bagus)…bisa juga dicoba pakai tinta dari supplier lain….karena ada beberapa produsen tinta yang punya beberapa keistimewaan untuk mengatasi problem gradasi….salam convert bung

  46. mas,punya literatur tentang mesin2 rotogravure??
    boleh minta ya mas…
    email saya tejamaq@gmail.com

  47. wah…!
    saya sngat excited skali dgn blog ini.
    yg dibahas ttg keseharian saya dikerjaan :).saya sndiri krja sbg opt slitter di converting industri di pt spn.
    moga tambah rame blognya 🙂
    salam knal.

    • salam juga…

    • bung bean…pt spn mr Pody punya yang di cibitung kah?

  48. ane masih but soal roto mas bro boleh gak nih ane menimba ilmu dr mas bro sekalian trima kasih mas brooo

  49. bos tanya ni tolong di bantu.
    cetakan roto gambar sering lari atau tdk masuk ini disebabkan oleh silinder atau rol karet (impresion rol )

    • bisa dua duanya tergantung banyak kondisi, ..

  50. bang boleh gabung

    • yooo silahkan

  51. bang saya ada masalah ma mesin? apa sebabna pada saat mesin jalan bahan pada unit 1 melintir( bagian tengah lebih kencang) padahal tension unwinder normal.. apa penyebabna selain tension, as revolver… ?

    • amati lebih dalam, bisa banyak posibility dalam hal ini,

    • Mas… bs lebih terperinci ga… krn klo bahan melintir di unit 1 /di prtngahan unit mnurut sy byk faktornya… ya jenis material,impress roll, dyer pmanas,guide roll,cylinder dll… nanti kita share satu2… thanks

  52. […] Sumber: https://adekrawie.wordpress.com/2007/12/02/rotogravure/ Share this:ShareFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. […]

  53. Minta tolong apa yang menyebabkan plastik (setelah proses bag making) kok ada yang susah dibuka seperti didalamnya lembab. Satu lagi kenapa dalam proses bag making film sering lari2, terima kasih banyak.

    • Pertama ada kemungkinan dari resin yang dipergunakan di bagian sealing layer kurang anti slip untuk spec produk ini dan yang kedua bisa terjadi karena proses bag making itu sendiri, dimana impress yang tercipta terlalu keras atau karet impress sudah mati sehingga menimbulkan tekanan yang terlalu kencang pada bag.

      Bag lari lari pada proses bag making banyak sebab, bisa dari pitch antar bag naik turun, bisa juga dari kurang pressure angin pada servo pembawa material kurang pas sehingga slip terjadi. bisa juga gear pada servo sudah tidak bagus.

  54. BERHARAP DAPAT BALASAN
    salam kenal, saya Aida (mahasiswa grafika)

    seperti yang lainnya. saya juga mau ikut tanya 🙂
    Pengaruh bahan terhadap kualitas cetakan apa saja yah?
    trus standarisasi nilai kualitas cetakan pada umumnya berapa yah.

    makasih sebelumnya mas.Ade

    • Bahan juga sangat berpengaruh terhadap kualitas cetakan, untuk itulah biasanya antara produsen dan konsumen bersepakat, contoh sederhana Nylon misalnya punya sifat elastis lebih dibanding PET oleh sebab itu lebih sulit dikendalikan ketika proses cetak.
      Makin stabil materialnya makin enak dikendalikan dalam proses cetaknya.

      Kalau pertanyaan ke dua saya kurang paham maksud mu

  55. Mau pencerahan lagi om, cara mengatur perbandingan tension antara film dengan LLDPE sehingga hasil laminasinya bagus. Dan satu lagi dalam membuat bag continous standing pouch sering menjumpai masalah plastik melar dan film lari keatas kebawah sehingga gambar yang atas gak ketemu sama gambar yang bawah padahal EPCnya baca dengan baik apa ini pengaruh dari materialnya ato proses sebelum atau di bag making sendiri tapi kok tidak semua roll, kadang roll yang satu baik roll yang kedua lari2. Terima kasih

    • konsep dasar adalam proses laminasi adalah bisa menghasilkan produk laminasi dengan hasilnya yang flat. oleh karena itu untuk menjaga hasil terbaik antara LLDPE ataupun film harus saling menjaga tensionnya. jadi tenssion yang diberikan pada proses berfungsi untuk membuat produk menjadi flat, jika berlebihan maka hasilnya akan melengkung ke satu sisi.

      Plastik melar dalam pengertianmu banyak disebabkan karena perlakukan tension yang tidak pas. paling banyak terjadi dapada proses sebelum bag making. masalah paling besar adalah kebocoran di cross point karena sealbar bottom tidak bisa mengimbangi pitch.

      untuk menjaga hal ini biasanya pada proses sebelum bag making picth antar bag harus di jaga dan masuk kedalam standart.

      • Terima kasih yang sebanyak banyaknya atas jawaban pertanyaanku yang dulu – dulu, sekarang mau tanya lagi moga gak bosan tuk menjawab, apa yang perlu dicek ketika membeli material (pet, nylon, LLDPE) sebelum diprint atau dilaminasi sehingga kalau dikerjakan di bag making hasilnya bagus, dan apa tension proses di printing dan laminasi saling berhubungan

  56. perlu datang ke si pembuat material, tanya mereka apakah yang mereka bilang tentang material baik, lalu lakukan test dengan material yang mereka bialng baik itu, lalu evaluasi terus menenerus dengan suplliernya.

    Biasanya dalam pembuatan material jumbo, material bagian tengah adalah material terbaik

  57. ikut nimbrung bos.. saya ada order pembuatan sachet jamu… mhn dibantu percetakan yang menerima ongkos cetak rotogravure… atas bantuanya disampaikan terima kasih

  58. Salam kenal Pak adek dan semuanya yang ada di blog ini,
    Mau nanya nih tentang , masalah di Bag making, saya punya strukture opp/cpp ketika di laminasi OK and flat tetapi ketika di bag making setelah sealing jadi melengkung kenapa ya,…

    • opp/cpp memang kharakteristik BM nya demikian, apalagi temperatur tinggi, sebaiknya terhadap custumer dibicarakan dari awal kondisinya demikian, apalagi jika kita mengejar fungsional bag tidak bocor, pasti melengkung.

  59. m’v numpang nimbrung y bro…
    ‘sebenrx mnrt saya inti dr hasil roto tu dr tinta,cylinder,dan doctor blade’
    jd kalo ad problem hasil cetak,y dr tiga tersebut.(kecuali cetakn lari)

    • bisa juga dari 5 M yang lain, misal manusianya, methodenya, mesinnya, measurement-nya selain material yang disebutkan tadi, ada banyak hal yang perlu diamati ketika proses.

  60. ow y mas adek ngmng2 kerja dmn?

    • Percetakan …

  61. Salam kenal Pak adek dan semuanya yang ada di blog ini.
    saya baru bekerja di sebuah perusahaan rotogravure di medan.
    mohon bantuan teman2 smua,terutama Pak Adek :p
    klo opp20/vmcpp30 kemasan snack center seal hasil jadinya sering jendol/gembung di daerah lipatan center seal bagian bawah kira2 masalahnya dimana ya?
    foto sudah saya kirimkan ke adekrawie@yahoo.com
    mohon bimbingannya.
    thanks

    • Dear Andi,

      Kalau dilihat dari poto yang dikirim ke emailku, sepertinya ada masalah di sealing custumer mu, coba sekali lagi dilihat apakah seal di custumermu bersih dari kotoran dan rata/flat. saya khawatir proses sealing tidak sempurna karena kotoran, ditambah info sudah di naikkan temperaturnya 5 C malah over melt.

      memang susah2 gampang bicar dengan custumer untuk masalah seperti ini.
      Untuk membuktikan hal itu, coba nuat test di internalmu, dengan temperatur yang sama dengan custumermu coba di sealing. Apakah hasilnya tetap sama ?. jika lebih baik berarti perlu ada pembersihan di seal custumermu.

      salam

  62. Dear Pak Adek,

    Kalau vmpet12/cpp plain25, waterbased adhesive, standar bonding minimal berapa ya?
    ada daftar standar bonding strength minimal & seal strength minimal ga pak?kalau ada mohon dikirimkan ke email saya ac3spiritz@gmail.com
    terima kasih atas bimbingannya.

  63. Dear All….
    mohon bantuan nya… saya mempunyai masalah di printing.. khususnya printing label OPP Film, sering kali di claim khususnya di tinta putih sering rontok, bila terkena gesekan di mesin labeling, mungkin para temen2 bisa membantu, ada usul atau masukkan tinta yang bgm saya harus pakai ? terima kasih atas bimbingan dan info nya…

    • boleh berbagi cerita neh boss, coba untuk block white nya (kalau whitenya full block) pakai tinta yang hicom atau bisa juga ditambahkan hardener 3% tetapi memang high cost, biasanya temperature drying bisa dinaikkan untuk whitenya kalau biasanya di 65 bisa diset ke 75 degree celcius..atau kalo mau aman lagi bisa di coating OP Varnish biar bisa lebih kuat.Ganti tinta dari supplier tinta yang lain juga bisa dicoba tuh bung…

  64. Nanya lagi pak, bagaimana cara agar pitch antar bag bisa terjaga tidak terlalu melar terutama untuk material nylon.

    • coba tension di proses sebelumnya dry atau extru di jaga dan di ukur, penyebabnya bukan pada proses finishing tapi di proses laminated

    • berbagi cerita neh boss…hehehheee…sorry ikut nimbrung….
      bung Madkur….untuk material Nylon,temperature drying pada saat printing juga harusnya diperhatikan,tension unwind dan rewind juga bisa berpengaruh pada pitchnya, jadi sebaiknya setelah printing, pitch juga di cek sebelum kemudian diproses dry laminasi atau extru nya.Pada proses bagnya juga harap diperhatikan tension unwind nya juga. untuk material Nylon emang temperatur juga sangat berpengaruh karena resistance terhadap temperatur sangat tinggi.barangkali bisa diterima bung….salam convert….

      • Terima kasih banyak

  65. salam kenal mas…banyak ilmu yg saya dpt di sini..kebetulan saya jg di pbrik printing…

    • ok mas Deni, coba juga berpendapat ya supaya ramei

  66. mas numpang nanya…knapa barang jadi (hasil slitting) mash bau solvent,padahal sdh di blower,tp msh bau..(sering kena complain gara2 itu)…mohon pencerahanx….

    • itu akibat proses sebelumnya dry atau extru, coba test di proses tersebut beberapa kondisi sampai baunya hilang. Jadi bukan proses slitting nya yang membuat bau

      • Untuk mengindari itu dibutuhkan waktu berapa lama ya, aging sudah jalankan sesuai TDS, tapi masih tetap bau solvent menurut customer… Karena pengujian customer hanya berdasarkan snift test saja… Mohon solusinya

  67. Dear Pak adek,,,,,

    Pak,, bisa minta literatur karakteristik plastik buat makanan,,??
    cuz kbetuLan gy mrancang HACCP bwt food packaging,,,,,

    email saya : ayeshaa_ira@yahoo.com

    thanx yah 🙂

    • kalok sifatnya teknical data tidak bisa di share kepada orang, kalo mau harus minta sendiri ke perusahaan packaging, semoga saja bisa pintu masuknya PKL atau thesis mungkin bisa karena menjadi saling menguntungkan. tidak serta merta minta maksudku.

  68. Salam kenal boss… Mo ikut nimbrung nich….

  69. Salam kenal Mas adek..
    mas saya mau tanya.. kl moire bisa terjadi gak pada cylinder hasil proses engraving?

    • yup bisa saja, tergantung anle yang dihasilkan mendekati sama bakal muare

  70. Pak Adek. Untuk mengatasi masalah mothling pada cetakan apakah karena tinta yang kasar ato ada masalh pd cylindrnya/db-nya/impress roll yang kasar/kotor or komposisi solventnya harus diperbaiki. gmana cara mengatasinya? mohon petunjuk pak. suwun

    • ya harus dicoba satu satu, jgn kupa di catat setiap percobaan sedetil mungkin supaya kita tidak kerja 2 kali dengan melakukan hal yang serupa, sistimatisnya dikunci satu persatu dari item yang mau di coba tersebut…

  71. boss…numpang nanya neeh.

    ada koneksi ga d perusahaan flexsible packaging bagian BM,ane br resign dr pt swc.

    • kenapa tidak minta kembali ke cibitung saja per may 2013 ini informasinya buka lagi>>>>

  72. bagaimana cara mengatasi bonding lemah?

    • bung adha…bonding lemah untuk proses apa ya bung kalo boleh berbagi cerita…extrusion coating (PP/PE) atau dry lamination (solventbase, waterbase,solvent free)…trus spesifikasi materialnya apa…barangkali saya bisa berbagi cerita….

  73. salam damai bung…berbagi cerita neh…
    saya ada kendala untuk sepsifikasi material untuk proses extrusi PE dengan komposisi OPP/(anchor coat)/PE 20u/VMPET12/(anchor coat)/PE 25, ada masalah bonding strength pada PE20u/VMPET dimana setelah ageing 12 jam bondingnya cenderung turun dan melemah bahkan terkesan delaminasi. Apakah faktor PE (harus pakai yang EAA) ataukah VMPET treatment yang kurang bagus, padahal temperature meltnya sudah diatas 180 degree celcius. Mohon petunjuk neh bung…..thank you bgt sebelumnya…

    • Nilai bondingnya berapa, setau saya pe-vmpet memang rendah dan cendrung mau delaminasi. Yg penting dalam hal ini adalah disepakati dgn pelanggan anda bahwa spek ini begitu adanya, selama dalam kurun waktu tertentu dia tidak menyebabkan delaminasi harusnya aman, lalu cari nilai rata rata tertingi untuk dijadikan patokan standar diproses kalian

  74. Salam Kenal bos adek dan semuanya….

    Mohon info kalau ada loker untuk bagian electric engraving. pengalaman kurang lebih 6 tahun di perusahaan cylinder maker…

    terimakasih dan salam…

  75. salam kenal bos adek,,,
    ane duni,,
    mo ikut nimbrung ni..
    saya mo tanya kalo settingan colorcon biasa y ada standar y g..
    atau tiap mesin beda,,
    dan sering ada permasalahan pada garis,,
    dan setingan d.blade sudah 55 sampai 60 derajat kemiringan y,,
    dan cylnder sdah di amplas ulang sblm proses,,
    tpi msih sering timbul garis putus-putus…
    tlong di berikan solusi y,,
    makasih y boz..

    • Coba cek hain, contoh tintanya penyaringannya

      • Coba cek hal yang lain, contoh tinta dan penyaringannya didalam sirkulasi bak tinta. Kotoran bisa menyebabkan hal serupa. Lalu bladenya masih ok atau tidak, jangan sampai sudah grepes

      • oc maksih y boz,,,,

  76. Mau tanya pak, Seal sering ada buble, kenapa ya selain sealing bar atau silicon pad yang kurang bersih

    • Banyak hal yg bisa menyebabkan seal bergelembung, contohnya adalah kotoran pada seal, rubber nya sudah tidak rata atau sudah lama bahkan panas tidak merata dan kurang panas juga bisa membuat hal itu terjadi, mesti dilihat satu persatu

      • Adhesive,material atau kelembaban mempengaruhi gak

      • sepakat tuh om adek, cek dulu satu per satu dengan standart yang berlaku.
        untuk traceabiity apakah masalah terjadi karena adhesive atau material lainnya, kita harus mencoba mencari tahu film yang akan di seal berasal dari LOT/ batch yang mana dari material tersebut, jika sudah menemukan bandingkan dengan lot/batch lainnya.Tetapi harus diingat perbedaan LOT/ Batch tersebut harus jalankan di mesin yang sama dan waktu yang sama, agar dapat membandingkan apel to apel.

  77. mas adek mo tnya lagi ni,,
    kalo suplai tinta dri purnisher roll pengaruh y besar g
    dri tekanan 1 1/2 bar sampai dng 3 bar
    itu lebih bagus yg mna,,
    yg nempl dng cylinder atau masih ada celah antra cylnder dng purnisher

    • maap pertanyaan kurang saya pahami

      • Maaf mas.,.,
        Yang dimaksut mas duni tu,press funiser roll,,
        Jadi cylinder tu gak langsung masuk ke tinta,tapi funiser roll duluh yang masuk ketinta baru funisernya nempel dicylinder..,
        Tu proses transfernya..,
        Mesinya mas duni sama ma punya aku.,.,
        Haha

  78. Salam kenal… nice blog..!!!

    • menawarkan pembuatan mesin printing plastik rotogravure 1-8 warna
      082137666746

  79. Akhir akhir ini produk kemasan saya dapat complain dari customer katanya ada bau sangit pada bagian dalam, tak cari cari penyebabnya belum ketemu, mulai dari blower printing sampai laminasi berfungsi normal, kira kira apa penyebabnya mohon pencerahannya

  80. Apa kabar pak bos………
    boleh jg blog nya nih…..

  81. salam kenal…
    ane baru mulai masuk dalam bidang rotograve printing nie gan
    jadi ane masih rada-rada bingung cara mengatasi masalah di printing
    ane mau tanya nie gan

    cara menghilang kan blushing gmn
    terus garis kasar sehingga warna pada cetakan kurang solid
    tolong beri contoh untuk masalah oiling motling scrath blocking dann blobor
    dan cara mengatasi nya gimana???
    thanks gan sebelum nya
    kirim jawabanya ke email ane gan toebagus.hasan@gmail.com
    sekali lagi terima kasih banget gan…

  82. saya mau tanya mas, untuk standar speed (setiap bahan) yang digunakan dalam proses laminasi dan printing itu berapa ya ? terimakasih.

    • saat ini semua mengacu ke High speed PET, OPP, tapi untuk cetak luar seperti produduk untuk popok bayi dengan materila LLDPE masih bisa menyesuaikan dengan registernya

  83. Assalam…bang ADEK,sy mw nnya apa sih fungsi masing2 campuran SOLVENT:EA,TOULENE,MEK,IPA?tlng bntuannya,t ksh…

    • pada industri tinta solvent ; EA, toluene, mek dan ipa, material ini pergunakan sebagai pelarut utama. ketika bertugas sebagai pelarut utama maka dicarilah kecocokan supaya campuran pembuat tinta bisa terlarut sempurna.

      solvent solvent tersebut sebagian besar bertugas melarutkan resin, mengatur viskositas dan juga ygng tak kalah penting mengatur pengeringan tinta pada material cetak, fungsinya berarti hampir hampir mirip begitulah. tinggal cocok dan sempurnya untuk tinta mana.

      pembuat tinta nantinya menginfokan solvent mana yang cocok, dalam hal ini bisa saja merupakan campuran dari beberapa solvent tersebut

      salam.

  84. pak saya mau tanya apakah yang bekerja di printing akan berdampak negatif bagi kesehatan?pasalnya kan di printing ada tinta cetak yang kita hirup setiap hari…lalu apakah ada cara untuk menangani nya??

    trima kasihh

    • Pekerja printing yg terpapar secara terus terusa selama 8 jam, dalam kurun waktu yg lama pasti ada pengaruhnya bagi kesehatan. Biasanya printing manufacture memberikan susu kepada pekerjanya, untuk tujuan menetralisir uap yg sempat terhirup..

    • Cak sendy

      Seberapa efek karena terpapar dengan solvent pasti Ada, Selama ini printing manufacture selalu membekali karyawannya dengan Susu setelah Mereka bekerja. Bahkan ada yg menyediakan susu dikantin Makan karyawannya

  85. salam convert,
    maw tanya gmn cara mengatasi problem ngemoar ??
    selama ini saya udah mencoba: viscositas 15 (zun cup no 3), doctor blade 30°, tinta d fresh, imp roll udah bagus, raster cylinder masih bagus (baru d recrhome) .
    mohon pencerahannya ..

    • jika visco OK, atur DB dgn sudut 60 derajat dan posisi sedekat mungkin dengan impresi, (itu idealnya posisi DB)

  86. Wah….hebat juga nih bos Adek.good…good…good

  87. pak saya mau tanya mengenai doctor blade..
    kan doctor blade itu bisa di majukan atau dimundurkan,,nah yang saya tanyakan
    1.apa fungsi doctor kalau da majukan?apakah untuk mempertebal warna tau bagaimana?
    2.lalu fungsi doctor di mundurkan apa?
    3.saya mendapat masalah mengenai problem printing yang “keropos” dan “mengabut” dan juga ada “garis docta”nah menurut anda saya harus mengatur doctor nya bagaimana?apa harus di tekan atau maju atau mundur atau bagaimana?

    terima kasih
    mohon bantuannya

    • no 1. DB dimajukan dapat mempertebal warna karena semakin mendekatkan DB ke impresi, tinta yang belum kering sudah tertransfer ke matrial cetak.

      Kareba kondisi tinta di cell tidak terlalu kering membuat tinta tertransfer volumenya lebih banyak .

      No 2 DB dimundurkan berkondisi sebaliknya dari jawab no 1

      No 3 atur Db dgn sudut 60 derajat dan posisi sedekat mungkin dengan impresi, (itu idealnya posisi DB)

      Istilah keropos yang dimaksudkan apakah karena aca cell yang hilang ?

      Untuk mengabut tolong di cek viscositas tinta dahulu, jika visco OK baru adjust DB dengan menambah tekanan tetapi yang perlu di pastikan permukaan DBnya tetap bagus/rata.
      Jadi pastikan dulu DB permukaan masih OK dan Viscositas tinta OK, baru adjust tekanan DB.

      Selanjutnya masalah garis, apakah ada kotoran pada DB dan apakah permukaan DB sudah rata, pastikan hal ini juga.

      #
      salam

  88. Mas/Pak saya mau tanya
    saya dapat tugas dari guru saya yaitu disuruh mencari tahu tentang cara “penyetelan pisau tinta” di mesin rotogravure dan hal hal yang berkaitan dengan pisau tinta tersebut
    mohon bantuannya terima kasih

  89. Iya niih sama mas mbak pak bu .. tolong jawab juga pertanyaan saya disuruh guru saya tentang cara PENYETELAN PISAU TINTA itu bagaimana … thx

    • Atur posisi DB dg sudut 60 derajat dan posisi sedekat mungkin dengan impresi, itu posisi ideal DB.

  90. Mohn pencrahanya. Pd proses dry lamnasi pet/adh/vmpet kok siring sekali munculi bubble pada saat stelah aging bbrp mnit.apakah tension jg mempengaruhinya.
    – ukuran DB yg ideal untuk dry lminasi brp.
    Trimakasih

    • Utuk proses speed 120

  91. salam kenal mas,

    saya orang awam mas tentang gravure ini, tetapi berminat meningkatkan usaha saya dari sablon manual ke gravure. Lokasi saya di medan, bisa mohon info dari teman2 mengenai supplier2 untuk mesin, silinder dan tinta?

    terimakasih terlebih dahulu bila ada yang mempunyai info nya.

    william

    • coba naga industri solo telpon 08122654451. dengan pak Daniel, bisa buat mesin printing simple dan bisa aplikasi untuk kelas home industri

  92. salam kenal all, mohon pencerahannya…

    kami ada problem lengket, spec-nya opp/vmcpp. belakangan diketahui penyebab lengketnya adalah anti static bar/ ionizer (bentuk jarum) di mesin slitting kami dipasang terlalu dekat dengan plastik (±1mm). sekarang setelah diberikan jarak 15-20mm slitting sudah tidak bermasalah, tetapi yang menjadi pertanyaan kami, bagaimana cara menghilangkan lengket produk akibat pemasangan ionizer yang terlalu dekat tersebut? sudah kami coba rewind bbrp kali tetapi masih tetap lengket.

    terima kasih atas bantuannya.

    • jika sudah kejadian dan sudah rewind tetap masih lengket, jika custumer anda tidak bermasalah pakaikan powder saja

  93. Pak edek salam kenal ya.,.,
    Saya mau tanya tentang masalah missprint ni.,.,
    Material saya tu selalu keriput waktu diinpress U1,terus saya cek ternyata unwinder saya tu miring sebelah,apakah itu pengaruh pada missprint.,.,
    Maksih banyak..

    • bias jadi karena material bergerak tidak serentak, ada jeda satu sisi dengan sisi yang lain. coba check missprintnya apakah hanya disatu sisi. jika tidak berarti ada sebab lain

      terimaksih

  94. pak ade..blog ini sangat bermanfaat sekali saya bergerak diusaha home industri cetak plastik rotogravure ..mesin sederhana 2 warna.saya mohon pencerahan cara membuat solvent untuk plastik pvc..thank mohon balasan…

    • Coba mix ratio …toluene 40% isoprophyl alcohol (ipa) 20%, ethyl acetate 40% untuk speed 70-150 meter/menit pak.

      • thank infonya pak agus
        agar hasil cetakan cepat kering apa yg harus ditambah
        sy pake solven 631

  95. hallo salam kenal pak adek.

    saya mau tanya .
    terdapat defect bintik pada laminasi DRY untuk NYL // LLDPE
    defect terjadi pada material NYL saja.
    kira-kira kenapa ya pak ?

    mohon pencerahannya.

    Regrads,
    Ario

    • jika bentuknya seperti udara yang terperangkap, pada bak adhesive jangan sampai banyak buih dan pencampuran harus matang

      terimkasih

      • Bentuk nya seperti udara terperangkap mas.
        tetapi muncul defect ini di awal roll dekat sekang, sedangkan pada permukaan roll bagus jadi sering tidak bisa di kontrol.
        untuk mixing adhesive sudah matang mas.
        tetapi gimana kita bisa kontrol untuk tidak terjadi buih pada chamber adhesive?
        dan trouble ini hanya muncul pada material NYLON saja.

        mohon pencerahan nya suhu

  96. Mas agan bro mohon bantuan infony untuk masalah bagmaking, penyebab standing pouch sering bocor pada sudut buttom, apa yg perlu di perhatikan, dan gimana solve problem ny yah?!

    • Bocor dikarena tidak tepatnya pertemuan kuncian beberapa titik tersebut yang harus di hindari. hasil trial yang tidak bocor dikarenakan titik kuncian tepat atau max 2 mm diatas nya.

      Jika dibawah nya wassalam.. pasti bocor

      jadi yang bisa dilakukan adalah
      1. seal bar di buat ulang dengan ketinggian antar kuncian pada titik 0 sampai +2 mm

      2. Settingan mesin juga berada di 0 sampai +2 mm
      3. Material tidak boleh goyang ketika menuju sealbar harus dibuatkan seperti jepitan sepaya tidak goyang-goyang.
      4. sealbar point seal /kuncian tidak boleh tajam dan beradius
      5. pressure sealbar pointseal harus bersifat kisstouch supaya sealing layer tidak pecah

      sekian

  97. saya mohon tanya,,bagaimana cara menyetel lingkaran yang di gambar agak tidak miring

    • Maap saya Kurang paham pertanyaannya

  98. Bentuk nya seperti udara terperangkap mas.
    tetapi muncul defect ini di awal roll dekat sekang, sedangkan pada permukaan roll bagus jadi sering tidak bisa di kontrol.
    untuk mixing adhesive sudah matang mas.
    tetapi gimana kita bisa kontrol untuk tidak terjadi buih pada chamber adhesive?
    dan trouble ini hanya muncul pada material NYLON saja.

    mohon pencerahan nya suhu

    • Coating weight nya masuk standart ?

      • Coating Weight masuk standart semua mas.
        saya sudah coba untuk turun kan coating weight di bawah standart pun masih tetap ada.
        berikut yg sudah saya coba lakukan :
        1. speed down : masih terdapat bintik
        2. coba djust tension : masih terdapat bintik
        3. naikan temperatur DRY zone : masih terdapat bintik
        4. coba variant cylinder : masih terdapat bintik
        5. coba naikan blower dan exhaust DRY zone : masih terdapat bintik.
        6. coba dengan solvent yg terbaru dengan beda supplier : masih terdapat bintik
        7. Coba dengan Perbedaan Komposisi LLDPE : masih terdapat bintik
        8. Coba dengan Perbedaan NYLON : masih terdapat bintik.

  99. Mau tanya mas, klu seal kantongan berkeriput – dan lembar kantongan Kaku seperti papan (bahan 5 micron) serta sulit dibuka, Ketika sudah terbuka dan kembali menutup sulit dibuka kembali. Minta bantu pencerahan asal masalah dan solusiny mas

    • Banyak hal, mesti lihat samplenya dulu.
      Kalo Seal keriput bisa jadi kepanasan, temperatur sealnya terlalu tinggi, untuk solve kurangi temperatur sampai kondisi maksimal yg tidak merusak seal/keriput

      Kantong kaku dan lengket bisa saja karena impress roll terlalu kencang/keras, untuk solve harus kurangi tekanan pada impress roll

      Kalau pemecahan mau tepat mesti lihat sample ketidaksesuaiannya seperti apa

      • Pada saat listrik padam tiba2 dan Ketika di nyalakan kembali monitor mesin berubah bahasa, ad saran (cara) untuk reset ulang (ganti bahasa)?

  100. Coating Weight masuk standart semua mas.
    saya sudah coba untuk turun kan coating weight di bawah standart pun masih tetap ada.
    berikut yg sudah saya coba lakukan :
    1. speed down : masih terdapat bintik
    2. coba djust tension : masih terdapat bintik
    3. naikan temperatur DRY zone : masih terdapat bintik
    4. coba variant cylinder : masih terdapat bintik
    5. coba naikan blower dan exhaust DRY zone : masih terdapat bintik.
    6. coba dengan solvent yg terbaru dengan beda supplier : masih terdapat bintik
    7. Coba dengan Perbedaan Komposisi LLDPE : masih terdapat bintik
    8. Coba dengan Perbedaan NYLON : masih terdapat bintik.

  101. masalah masalah pada mesin potong 3 pisau apa aja ay yang atau balas makasih

  102. Pak saya mau tanya tentang teknik surface di Rotogravure?
    kelebihan dan kekurangannnya?
    cara pengerjaannya?
    bahan yang biasa digunakan untuk teknik ini?
    saya butuh untuk TA saya pak.

    thankyou,
    uci

    • Semoga saya bisa berbagi cerita utk tesis akhir anda jeng.. Disini. trast_77@yahoo.com

  103. Salam kenal sebelumnya, apakah ada yang bisa membantu saya untuk mendefinisikan seluruh problem yang ada di dunia flexible packaging dan solusinya?
    Mohon bantuannya, bisa kirim referensi ke alamat email clara_veranita@yahoo.co.id
    Terima kasih

  104. Alamat buat silinder d surabaya d mana ya

    • Ada Kunyun.. Bisa juga di Royalindo atau mungkin di Intimas..

  105. Salam,
    Mohon di bantu pencerahan,,,
    Kalo untuk aplikasi bahan kertas rol, di Jawa timur adakah yg bisa membuat mesin tsb, brp perkiraan harga ???
    Kalo untuk output hasil cetakan apakah bisa di bandingkan, jika mesin tsb buatan lokal & mesin yg import….. Karena kalo melihat gambar di atas seperti nya mudah membuat mesin tsb.
    Mohon penawaran harga ke:
    Sakti Putra
    085.7080.30.100 (WA)

  106. Selamat malam mas adek
    Saya ada kasus delaminasi untuk kemasan minuman dg komposisi pet12/pe18/LLDPE 25…..sudah dianalisa mulai dr tinta, amcor coating, bahan material LLDPE nya,,,,, tetapi masih terjadi delaminasi walaupun tdk sebanyak sblum suplaiyer tinta dan adhesive kita ajak bicara mencari solusi….mungkin mas adek punya ulasan perihal delaminasi ini utk menambah pengetahuqn saya….terima kasih

    • Kalo boleh saya tau apakah pakai anchor coating? Anilok nya brp dan coatingwetnya berapa? Bisa juga dinaikken temperature melt nya dari adaptor sampai ke cylinder dan t- dies. Juga naikkan temperature dry chamber pada Anchor coating nya. Bisa jadi kandungan air pada reducer /solvent pada anchor coating adhesive nya agak tinggi. Dan perhatiken juga temperature chill drum apakah suhu (dingin) mencukupi.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: