Oleh: adek | April 21, 2010

sakit mata, jangan sampai lagi d..

Mataku terasa pegel dan berair, awalnya sebelah kanan saja tapi akhirnya sebelah kiripun terjangkit juga. Aku masih menduga apa namanya penyakit ini tapi dikita disebut dengan sakit mata (Conjunctivitis).

Sakit mata mudah sekali menularnya. Satu orang saja yang di ruangan ada yang terkena sakit mata, risiko tertularnya sangat tinggi. Jika Anda atau ada orang yang menderita sakit mata seharusnya berada di rumah dan tidak melakukan aktivitas di luar agar tidak menulari orang lain.

Aku tak ingat aktivitas apa yang telah aku lakukan tapi hari sebelumnya aku bolak balik ruang tehnikal dimana aku merasa dari ruang itulah aku bersentuhan dengan penyakit ini pertama kali.

Ketika pertama kali mata kananku mulai terasa pegel, dan saat itulah aku merasa bahwa aku mulai menjalani episode sakit mata, lewat temanku yang berada diluar kantor aku titip beli obat cendo polydex. Lalu pulang kerja aku singgah ke dokter mata.

Oleh dokter mata waktu itu aku dibilang tidak ada masalah karena sudah tertangani oleh obat yang kupakai sejak siang dan akupun menyetopnya karena tidak bagus dipakai terus-terusan.

Ternyata dihari berikutnya dimata yang sama mulai merah kembali. Aku mulai khawatir lalu malamnya menemui dokter yang sama, lalu aku ditangani dan diberikan vitamin juga untuk menjaga kondisi tubuh. Besoknya tanpa babibu, penyakit ini menyerang mata satunya. Huaaaaaaa……..

Meskipun sudah mendapatkan istirahat total dirumah tetap saja aku tak bisa tidur karena pegel-pegel dan itu berlangsung sampai 3 hari. Hari keempat aku putuskan untuk mencari dokter mata lain karena aku merasa mulai burem dan demi mendapatkan second opinion. Terus terang aku mulai putus asa. Beberapa teman yang sama sakit sudah mulai sembuh, tapi kenapa merah dimataku tak kunjung hilang walau mata sudah tak berair dan bengkak hilang.

Ternyata sakit mataku mulai hilang tapi pembuluh darah diamataku ada yang pecah, inilah yang menyebabkan warna merah itu. Dan kata dokter ini tidak bisa hilang dengan cepat butuh waktu buat tubuh mengabsord darah tersebut. Sempat syok aku mendengarnya, Inilah juga yang ketika masa pengobatan ketika cairan obat masuk kemata dan rasanya seperti teriris… lebai deh. Ini karena pembuluh darah yang pecah itu.

Lalu aku diberikan cravit ophthalmic solution 5ml yang lebih adem. Akupun lalu masuk kerja kembali, tapi karena mata masih merah, aku merasa kesulitan diterima dikantor, katanya mata merah karena bawa (siti) merah hahahahahaha..

Kembali lagi kepenyakit ini biasanya diakibatkan oleh infeksi dari bakteri, jamur atau virus. Infeksi ini dapat terjadi di berbagai bagian mata. Gejala dari infeksi mata ini mencakup kemerahan, gatal, bengkak, banyaknya kotoran mata, nyeri dan sakit serta bermasalah dengan penglihatan.

Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab infeksinya, perawatan yang diberikan biasanya meliputi kompres, obat tetes mata, salep atau antibiotik. Hal yang membuat sakit mata lama untuk sembuh karena adanya infeksi kedua yang biasanya disebabkan oleh kuman atau bakteri.

Penyakit mata yang paling mudah menular adalah penyakit konjungtivitis, yaitu iritasi akibat adanya infeksi pada bagian selaput yang melapisi mata. Hal ini disebabkan virusnya ada dimana-mana dan bisa berterbangan di udara.

Penyakit mata sangat mudah menular, semua peralatan yang digunakan dan disentuh oleh penderita bisa menjadi sumber penularan sakit mata. Karena virus ini sangat mudah menyebar di udara, sebaiknya penderita sakit mata tidak melakukan aktivitas di luar rumah.

Seperti dikutip dari eHow, Selasa (23/2/2010), ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar terhindar dari sakit mata, yaitu:

1. Menghindari menyentuh mata setelah bepergian atau menyentuh barang-barang orang yang sakit mata. Biasakan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu atau menggunakan cairan pembersih tangan sebelum menyentuh mata.

2. Menghindari berbagi barang pribadi seperti handuk, kacamata, sapu tangan, perias mata atau lensa kontak dengan orang lain.

3. Sebaiknya tidak mengucek-ucek mata tanpa mencuci tangan terlebih dahulu untuk mencegah goresan mata dan infeksi dari kuman yang mungkin menempel di tangan, karena tangan tidak selalu berada dalam kondisi steril.

4. Menggunakan pelindung mata seperti kacamata jika berada di tempat-tempat yang berisiko tertular sakit mata atau jika sedang mengendarai sepeda motor agar tidak terkena debu atau angin yang dapat menyebabkan iritasi.

5. Memperhatikan kebersihan dari kacamata atau lensa kontak yang digunakan.cocok untuk yang sering berkutat didepan pc + sering2 minum air putih untuk menjaga cairan mata dan untuk membantu kinerja darah di otak, setelah minum air putih kepala akan terasa sedikit ringan (khusus untuk orang yang tiap hari kerjanya didepan pc).
jangan sering menggunakan obat tetes mata gak bagus. namanya juga bahan kimia dan buatan manusia tentu tidak sempurna.

Responses

  1. terima kasih untuk adek yg udah nulis pengalaman ini..kebanyakan konjungtivitis disebabkan oleh virus namun dokter mata memberikan antibiotik (anti bakteri)…alasan nya memang untuk mencegah infeksi sekunder..namun hal ini kurang tepat..kalau saya pribadi saya dengarkan keluhan pasien saya dan periksa dengan teliti apakah penyebabnya bakteri atau virus..bila penyebabnya virus maka saya akan berikan antivirus. namun intinya adalah komunikasi yang baik antara dokter pasien agar pasien merasa aman dan terperhatikan dengan baik…btw tips yang adek berikan baik sekali..terima kasih

  2. salam kenal mas,mampir juga main ke website saya ya

  3. terimakasih gan,, ini dapat membantu untuk informasi kesehatan mata,

  4. berapa lam yang idealanya pakai tetes mata ?

  5. mataku juga sering sakit, cuma cendo kayaknya ampuh, aman gak ya itu?

  6. hehe mau nyari informasi tentang cendo polydex malah dapet info yang lengkap.. terima kasih


Tinggalkan Balasan

Kategori

