Oleh: adek | September 9, 2008

Belitung itu dimana siih…?

Dulu jika ada pertanyaan dimanakah Belitung itu ?, dengan semangat aku menerangkan posisi pulauku ini. Tapi karena pemahaman orang terhadap geografi negara ini berbeda, agak percuma berpanjang lebar.

Dalam peta Indonesia, Belitung terletak di sisi timur Pulau Sumatera dan sisi utara dari Pulau Jawa. Di bagian utara pulau kami terdapat Laut Cina Selatan. Disebelah barat ada Selat Gaspar dan di sebelah timur ada selat Karimata.

Dan dibagian barat ada pulau Bangka menjadi satu kesatuan yang disebut provinsi Bangka Belitung yang keduanya dikenal provinsi baru dengan pantai pasir putih yang berbatu granit raksasa.

Dengan kondisi itu Belitung terlindung dari potensi bencana tsunami, baik itu yang bisa terjadi di patahan Samudera Hindia dan tsunami lain yang disebabkan oleh letusan gunung berapi. Karena daerah sekitarnya pantai timur Sumatera dan pantai barat Kalimantan juga tidak terdapat gunung berapi.

Pak Budi, salah seorang guru pelajaran Geografi di kampung kami pernah menyebutkan bahwa Pulau Belitung terletak di 107o 35′ – 108o 18′ garis lintang dan 2o 30′ – 3o 15′ bujur timur. Dengan panjang diameter dari titik timur ke titik barat kira-kira 79 km dan dari titik Utara ke titik Selatan kira-kira 77 km.

Dengan total luas daratan mencapai 480.060 hektar, Pulau Belitung dikelilingi pulau-pulau cantik kecil lain seperti Mendanau, Seliu, Rengit, Batu Dinding dan tercatat mencapai 189 pulau.

Dengan letak geografis demikian maka Pulau Belitung termasuk daerah tropis, temperatur siang hari antara 28-31o C dan malam hari antara 24-26o C.  Musim hujan di sekitar bulan Oktober – April, dan selebihnya sekitar April – Oktober adalah musim panas dimana masa yang tepat untuk menikmati indahnya pantai putih dan indahnya terbenamnya matahari.

Ehhh.. Taukah kawan perlu kusampaikan pengalaman kami ketika menjawab seputar keberadaan pulau itu dari pengalaman orang Belitong hemmmm.. SUNGGUH TERLALU…..

Pertama …. Karena ketidaktahuan ada juga yang terlalu pede kalau Belitung itu berada didalam pulau Bangka , “Adek, kamu kemarin pulang ke Bangka ya ? Eh Belitung itu Bangka sebelah mana ya ???

Lalu kata Belitung terdengar penanya adalah Bitung, ada juga setelah dijawab sampai 2 kali. Belitung, Belitung, dan jawab lagi Bangka Belitung lalu penanya menimpali lagi ooooh Bangka yee … (ini yang lebih ancur lagi nilai geografinya dan perlu ke THT…) .

Ada lagi, pertanyaan tentang Belitung yang dihubungkan dengan Palembang, “Belitung jauh gak dari Palembang ?”. Apalagi dulunya pulau Belitung merupakan bagian dari provinsi Sumatera Selatan “ Oh jadi kamu orang Palembang toh… ? coba pakai bahasa Palembang, aku pingin denger, kaya gimana sih..?”.

Kemudian tentang Mudik ke Belitung lewat Palembang, “Eh Teddy lu kok pesan tiket pesawat ? kan naik bus ke merak terus ke Palembang ???” nah lhooo guling-guling neh sok tahu. Ditambah lagi “ Emang Belitung ada Bandar Udaranya, kan kalo luh mudik mesti pake bus dulu setelah transit Palembang.” (kacian deh gua…)

Yang lebih gawat ketika seorang Pramugari dari sebuah maskapai penerbangan dengan tujuan Tanjungpandan (ibukota Belitung) yang mengumumkan route pesawat ….. “Selamat datang di Kabin Pesawat Anu Air dengan tujuan penerbangan kita adalah bandara Hanandjudin di Pangkalan Bun…” Kontan para penumpang mengeryitkan kening sambil toleh kiri toleh kanan… jangan-jangan salah naik pesawat ini, ..

Setelah ada penumpang yang bertanya kepada Pramugari, “… Mbak-mbak.. pesawat ini ke Tanjungpandan apa PangkalanBun. .?”. Langsung di ralat darinya “..maksud kami di Tanjungpandan Belitung.. halahhh bisa salah ya..

Perihal jarak Belitung – Jakarta. “Kalau pake pesawat ke Belitung berapa jam ? ku jawab 45-50 menit … Ah masa ?? Saya aja kemarin ke Pekan Baru sekitar 1,5 jam ….. “ (wah parah, emang Belitung di Kep. Riau). Juga lebih sok tau Batam dekat dengan Belitung, “Jadi kamu sering main ke Batam ya ?? .. gue nitip beli henpon dong “ (halah apa peta-nya yang salah ya)

Tambah lagi ada yang ngomong Belitung itu kecil , Ente kenal ama Irwan gak anak Belitung juga ? gak tuh … masa ama orang sekampung aja gak kenal ??? .. Ngak tau dia kalo Belitung itu luasnya 4x Jakarta dengan penduduknya mencapai 17.000 kepala keluarga … ( oooo luas juga ya …emang sungguh terlalu..)

Masalah pantai di Belitung yang eksotik….” Ini foto dimana Pak? bagus banget “. Jawabku “Di kampungku” “Aahh yang bener dong Pak, di Lombok kayaknya tuh..” (ini orang seperti yang tahu aja ) …

Nah beberapa waktu lalu ada kejadian juga waktu aku beli modem di Mangga Dua, nCih-nya minta KTPku karena bantu regestrasi kartu telpon, di KTPku tertulis tempat lahirnya Belitung, eh malah ditanya lagi , “Bangka ya Mas…?”. Hua hahahaha.. udah tertulis aja masih dibelokkan.

Nah suatu ketika seorang temanyang kerja di Jakarta mengajak rekan kantornya untuk pelesir ke daerah Membalong-Belitung, pas di perjalanan banyak monyet yang melintas di jalan raya. satu monyet tertabrak tanpa sengaja . Jadi heboh benar ceritenya setelah kembali ke Jakarta, sampai-sampai ada image dikantornya kalau di Belitung itu lebih banyak monyet dari pada manusianya hua…….. SUNGGUH TERLALU.

Sekarang setelah baca ini jadi tahu ya tentang Belitung…… Jadi kalau ada yang bertanya cukup ku jawab buka saja www.adekrawie.wordpress.com ha.. ha.. ha… lanjoootttt. Selamat membayangkan kampung kami itu dan kapan-kapan pelesir kesana ya, yuhuuuu………

*(diambil dari beberapa tulisan dalam milis BELITUNGISLAND.com)

Iklan

Responses

  1. wuakakakaak

  2. @ click
    hi… hi … hi … kacian deh lo… eh gua yak…. tumben ngak bilang PERTAMAX…

  3. emang tuh orang sana…. engak belitung enggak bangka ceritanya hampir sama, kayaknya pelajaran geografinya parah he… he…he….. kunjungi jugaya di fotografi sedikit koleksi foto tentang bangka dan mudah-mudahan ada kesempatan ke belitung jadi koleksinya lebih lengkap ttg bangka belitung.

  4. huahahaha…. SUNGGUH TERLALU

  5. belitung memang indah, disitu banyak kenangan karena aku dari sd sampai sma disana. sekarang aku ingin sekali balik ke belitong tapi belum ada kesempatan. Doakan ya

  6. benar bang! 100% benar!! dari SMA aku di jogja, tapi sampai sekarang gik banyk di tanya macam gitu, persis…kan pengalaman abang dan mungkin semue urang belitong. Tapi agak lumayan karne ade Laskar Pelangi. Jadi mun ditanya agik tingal sebut, Belitong , Negri Laskar Pelangi itu..tapi tetangga aku di jogja gik betanya jua, o..suting Laskar Pelangi itu di Riau toh…weleh cape deh…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: