Oleh: adek | Juli 17, 2008

Mencontohkan mungkin lebih baik …

7 Oktober 2008 ini umurnya 5 tahun, kami mencoba rasional terhadap apa yang nantinya didapat Moza dalam memperoleh pendidikan.  Sejak umurnya 3 tahun kami berdua telah membicarakan hal ini ditengah kondisi ekonomi yang kami punya.  Dari sejak pertama, Sari tetap bersikeras untuk bisa menyekolahkannya di Sekolah Dasar Swasta yang terkenal.  Dengan pertimbangan tidak ingin anaknya seperti dirinya. Karena berpikir dengan bersekolah disana minat belajarnya tidak perlu dipompa-pompa dulu baru mau membuka buku.

Pertimbangan lain adalah karena sadar kami juga tidak punya banyak waktu untuk ngajari Moza, pulang kerja larut dan Moza pastinya sudah tidur.

Sedangkan aku masih berpendapat ala kampung, seperti akulah ini, nantinya juga kalo mau belajar pasti kemauan itu akan datang, pikirku.  Hingga kami berdua tak pernah putus kesimpulan bahwa Moza akan disekolahkan dimana.  Tapi untuk menumbuhkan semangat, motivasi untuk mau belajar kami sepakat untuk selalu meluangkan waktu untuk itu.  Kami sadar bahwa apa yang harapkan terhadapkan anak kecil berumur 4 tahun…. harus bisa membaca dan menulis ?, tidak, bukan…

Terus apa yang sekarang yang kami lakukan untuk itu, selain modal yang sendiri sudah terbentuk yaitu kesukaannya Moza terhadap buku. Jika di hari Sabtu atau Minggu siang mulailah aku dan istriku membuka buku didepan Moza, memang terlihat langsung Moza menirukan apa yang kami lakukan terhadap buku-buku yang banyak gambarnya itu.  Dan apa yang kami contohkan itu ternyata lebih baik dari pada menyuruh langsung si anak untuk membuka buku.

Secara perlahan kesimpulan Sari terhadap pendidikan yang baik harus ditempat mahal itu sedikit bergeser. Dan pendapatku tentang bagai mana Moza nantinya, bukan juga jadi pemenang.  Setidaknya apa yang kami lihat di berapa minggu belakang ini membuat kami sadar penuh untuk mendampingi Moza sampai terbentuknya kharasteriktik mau belajarnya.   


Responses

  1. wah.. boleh nih pengalaman mendidik anaknya di contoh. keep on sharing the good things!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: