Oleh: adek | Juni 24, 2008

Komplen Aneka Kripik, Inc.

Hari itu secara official manager produksi mendatangi meja kerjaku di dalam pabrik.  Beliau ingin membahas lebih dalam tentang email tentang kantong kripik bolong yang dikirimkan oleh Bapak Marketing Ekport.

Berdua kami berbicara panjang lebar, sampai menghabiskan setengah jam dari waktu istirahat kami.  Akhirnya kami mendapatkan kata kuncinya, yaitu pemisahan yang kurang banyak.  Asal ketidaksesuaian ini terjadi di meter ke 7,5.  Pemisahan ketidaksesuaian hanya di setting 5,5 meter pada mesin.  Dan sisa 2 meter inilah yang tidak tertangkap oleh operator.

Dan sorenya, oleh karena masalah ini akan dibawa di metting manager, maka perlu kiranya aku dihadirkan disana, jikalau ada yang ingin menanyakan kenapa terjadi dan kenapa terkirim.

” Kami jadi kesulitan untuk menaikan harga jual dengan adanya masalah ini …. “, begitu kiranya Bapak Marketing Ekport memulai dengan tindasan kata-kata.

Sacho dan Factory Manager (FM) serentak menoleh kearahku lalu sang FM berkata ” How about custumer condition ?”   Lalu Bapak Marketing Ekport yang berpakaian batik ini berkata ” Just complain Sacho, they found 6 bags in that delivery”.

Dan pertanyaan beralih ke aku , ” Adek san, do you know about this problem..? “. Aku yang dari tadi siang mempersiapkan segala sesuatunya cuma menjawab, ” I will check, sir…!”   Karena kalau kujawab sekarang, diskusinya akan panjang, lagian ini bukan forum quality melainkan forum laporan bulanan bapak-bapak manager.

Btw…. Sebut saja komplen itu berasal dari Aneka Kripik, Inc. mereka adalah custumer kami yang ada di negara Canada.   Jauh sangat.  Oleh sebab itu mereka komplen dan potong pembayaran, kurasa kalau dekat Asia,  bisa dipulangkan semua yang sudah kami kirimkan kesana.

Sejak 5 tahun yang lalu kerjasama yang saling menguntungkan ini berjalan dan kami sudah memperlihatkan prestasi yang luar biasa untuk order ini.  Dari mulai Quantity order yang 300 ribu pcs kantong sampai 3 juta pcs kantong bisa kita penuhi.  Selain itu merekapun tak sungkan memberikan order lain dalam bentuk roll.   Tapi kali ini karena nila setitik rusak susu sebelanga.

Sebelum pulang aku mengirimkan gambar kepada operator-operator di 2 mesin yang memproses kantong ini.  Walau aku sudah tau jawabannya, tapi aku ingin tahu apa tanggapan operator-operator itu tentang masalah ini.  Karena besoknya We will start to discusions to solve this problem … piuhhh


Responses

  1. Maju terus pantang mundur “hidup adalah perjuangan tanpa henti-henti”

  2. klo kena komplain costumer sy ga bs tdur pak..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: