Oleh: adek | Juni 5, 2008

Kantin Karyawan Pabrik plastik

Kali ini aku ingin bercerita tentang kantin di pabrik plastik. …

Terkadang ada saja yang membuat ramai kantin karyawan, selain pusat pertukaran informasi, kondisi pabrik terkini, politik, gossip murahan, sampai  obrolan tentang bola semua  bisa di dapatkan disini, apalagi semenjak management menambahkan kopi dan teh untuk karyawan, obrolan semakin lancar saja.

Sebenarnya  kantin pabrik plastik jauh dari kata sempurna untuk sebuah tempat makan, kursi-kursinya masih terbuat dari kayu dan menggunakan kipas angin besar seperti rumah sakit tua.   Tapi hal ini tidak bisa dinilai dari bentuknya yang jelek, karena setiap harinya dikunjungi lebih dari 500 karyawan pabrik plastik yang terbagi dalam 3 shift.  Mereka hadir disana untuk makan paketan, makan buah saja bahkan hanya sekedar ngopi atau ngeteh.

Kelompok atau komunitas makan juga menjadi tetap, karena terlihat yang suka gossip tentunya berada dikomunitas gossip, yang suka politik tentunya bersama yang suka politik dan begitu seterusnya.  Dan yang unik lain dari kantin karyawan ini adalah banyaknya dikunjungi oleh promosi yang tidak terpikirkan oleh karyawan pabrik plastik ini sendiri. 

Kalau yang rutin hadir adalah sales dari kelompok perumahan, ada juga sales electronik menawarkan camera, optik kacamata, bahkan operator seluler yang sampai puas itupun juga mengirimkan kan utusanya untuk memperbanyak pelanggannya dikantin ini.

Apalagi waktu buka yang disediakan kantin hanya 1 jam, nah kesibukan menjelang pergantian orang yang menduduki bangku menjadi cerita sendiri. 

Pada umumnya masing-masing orang sudah terbiasa dengan jam makannya masing-masing dan secara tak tertulis hal ini yang membuat tertibnya acara makan.  Karena jam tertentu itulah yang membuat kita tidak rebutan kursi yang jumlahnya terbatas.  Selain sebagai tempat untuk makan, fungsi lain dari kantin ini juga sering kali dipergunakan untuk kegiatan-kegiatan rutin pabrik, karena bentuknya seperti aula yang besar dan memuat banyak orang sehingga sering kali dipakai untuk training massal, perlombaan di HUT negeri ini,  penerimaan karyawan dalam jumlah besar serta acara keagamaan di bulan puasa.

Kalau berbicara fungsi lain dari kantin mungkin di manapun ada tempat besar seperti aula, pasti juga dimultifungsikan seperti kantin pabrik plastik ini tapi kalau soal promosi-promosi lain ini, pastilah agak jarang dilakukan oleh penjual barang.  Ditahun yang lalu aku masih ingat perusahaan rokok juga hadir, yang  terakhir di minggu lalu beberapa orang sales sofa dan kasur tidur ikut menawarkan dagangannya dengan membagikan brosur kepada karyawan yang lagi makan, sehingga dapat dibayangkan kemeriahan kantin ini. 

Begitulah yang aku bisa ceritakan tentang kantin kami ini.  Semoga kebersamaan kami yang sering makan bersama ini tetap terjaga, seutuhnya … karena ini menjadi komunitas yang lain yang berasal dari berbagai macam unit kerja ….  kemudian bersatu sehingga perlu untuk dipertahankan.

Salah seorang teman yang sudah resign sering kali menelpon pada saat jam makan, katanya sering keinget waktu masih dikomunitas makan, sekalian cukup telpon satu nomor dan jika diperlukan yang lain juga ada disitu….


Responses

  1. Dek, masih jualan nggak nasi padang di depan pabrik tempat biasa kita makan dulu?
    kalau baca tulisan loe.. kayaknya sudah jarang makan disana lagi ya?
    salam buat temen-temen di toppan. kapan bisa kumpul-kumpul bareng lagi?

    thank’s

  2. Thank’s juga sudah maen disini, RM padang itu masih ada, dengan komunitas lamanya pak Slamet ha.. ha..,

    Oh ya semenjak personil hygiene diperketat, kalau mau makan diluar harus tukar seragam, aku jadi males kesana, apalagi temannya pada resign semua ha.. ha …

    kita arrange pertemuan berikutnya, untuk para alumni pabrik pastik ya … ha.. ha…

  3. boleh tanya dong dimana alamat pabrik plastiknya? jawabnya ke email saya yaaaa

  4. outline7@yahoo.com


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: