Oleh: adek | April 4, 2008

Harapan pada potongan radius pinggir.

Huiiiihhhh  …. kerja minggu ini di tutup dengan komplen dari PT. Aneka Sabun.  Hatiku bersorak geram, betapa tidak kekhawatiran ku ternyata tidak berlebihan.  Berawal dari kunjungan mereka ketempat kami, dan mulai saat itulah aku merasakan akan datang masa ini. Dan aku paling tidak suka jika kegelisahanku pasca bertemu mereka ini ternyata benar.

Rombongan mereka berjumlah lebih dari jumlah jari di satu tangan dan mereka sangat muda-muda sekali.  Semula aku kagum sekali karena mereka terlihat fresh, energik dan cerdas nampaknya.  Tapi setelah menemani mereka tour di plant kami, dan pada saat menjawab pertanyaan mereka yang akhirnya membuatku bisa mengukur mereka tentang pengetahuan proses kami.

Ketika mereka pulang aku berbicara langsung dengan Factory Manager kami, intinya aku sampaikan kegelisahanku karena aku membaca akan kesulitan nanti.  Factory Manager kamipun mengiyakan ucapanku, “ Ya begitulah custumer, dan kita harus tetap komit  dan harus kasih pengetahuan pada mereka tentang range proses dikita” katanya.  Walau jadi perjalanan yang agak panjang.   Dan yang kedua kegelisahanku didasari karena mendengar bahwa mereka sebenarnya mempunyai pabrik plastik yang satu group dengan mereka, pikirku kami selalu dinomor dua.

Dan sampai siang ini ketika komplen mereka kami terima aku menyambutnya dengan tarikan napas panjang, kejadian juga pikirku.   Betapa tidak, tentunya sulit bagi kami untuk membuat produk yang harus cantik dimata mereka dengan range yang sangat sempit.  Sebenarnya jawabannya adalah kami tetap bisa proses tapi tidak effisien karena rejectnya akan banyak.  Apalagi setelah mereka membandingkan plastik buatan satu group dengan mereka yang menurut analisa kami juga masih tidak sesuai dengan pengharapan mereka.

Satu hal meskipun sulit didalam proses massal di pabrik plastik, tak henti-hentinya kusampaikan didepan para pembuat plastik untuk tetap komit sebagai produsen terhadap permintaan pelanggan.  Karena dengan komplen mereka ini kita menjadi belajar banyak tentang apa yang kita tidak pernah pikirkan selama ini ternyata bagi pelanggan adalah hal yang penting lainnya selain point A, B, C dan D.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: