Oleh: adek | April 1, 2008

Malah sepelti apa itu …

mozagita1.jpgOleh kesepakatan kami berdua sebagai keluarga muda, jika Moza melakukan hal yang tidak baik dan bersikap keterlaluan maka aku dan Sari tidak boleh memukul Moza, apapun alasannya. Sehingga kami mencari cara mendidik Moza tanpa kekerasan. Dan kesepakatan itu adalah dengan menyuruhnya stay dikamar sampai batas waktu yang kami berikan. Tentunya dengan harapan bahwa anak kami Moza bisa terbiasa berpikir apa yang telah dilakukannya.

Waktu cara ini kami terapkan pada Moza, menjadi bahan olok-olokan antara Moza dan ponakan kami Gita. Hari itu, Moza kalah dalam kata-kata dan mulai mencambak rambut Gita sampai berapa helai copot. Gitapun menangis. Sari melihat kejadian ini langsung menasihati Moza dan menyuruhnya minta maaf. Karena Moza tidak bergeming akhirnya Sari menyuruhnya masuk ke kamar. “ Sekarang masuk kamar, jangan keluar sebelum Ibu minta ..! “

Gita yang dari tadi meraung jadi punya bahan untuk menyerang balik Ibu dan anaknya sekaligus, …. “ He … he.. apa itu … masuk kamal, malah sepelti apa itu …!”, katanya cadel sambil sontak berhenti menangis. Ada-ada saja, sehingga membuat aku dan semua yang ada disitu tertawa lebar.

Dari kejadian hukuman yang diberikan terhadap Moza diatas tadi, ada selintas pertanyaan kiranya apa yang kami bisa harapkan dari intropeksi anak kecil berumur 4,5 tahun seperti Moza. Jawaban kami adalah bagaimana membiasakan Moza mengintropeksi dirinya sendiri. Bukan hasil intropeksi dirinya yang diminta sekarang. Karena kami sadar betul sebagai keluarga muda terkadang susah mengendalikan emosi.

Selanjutnya apapun yang telah dilakukan oleh Moza, baik tidaknya sikap anak kami adalah cerminan orang tuanya. Jadi hal ini juga sekaligus membuat kami belajar banyak menjadi orang tua.

Ternyata susah ya menjadi orang tua itu ha … ha … ha …


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: