Oleh: adek | Desember 11, 2007

Kecanduan Kuatin

kopi.jpgBagi yang sering menggunakan ruang tamu dan ruang meeting dipabrik plastik tempatku bekerja, pastinya mengenal laki-laki ini.  Tak banyak ruang untuk pertemuan cuma 2 ruang besar meeting dan 4 ruang tamu biasa ditambah 2 ruang tamu VIP dan 1 ruang konseling.  Dan selama ini 9 tempat itu volume penggunaannya padat dan selalu full.

2 ruang meeting besar dipakai setiap harinya buat meeting quality antar departement yang terkait, mulai dari meeting penerimaan order, training, sosialisasi personalia, laporan bulanan, project bahkan meeting problem bisa dilangsungkan diruang ini.

Ruang tamu selalu dipenuhi tamu dari pemesan, suplier bahkan kadang tamu pribadi disediakan sofa panjang di depan receptionis. Lalu konseling room khusus untuk karyawan yang perlu dicerahkan.  Dan jika kosong, sering juga dipergunakan untuk meeting koordinasi, project serta kobetzu kaizen team.  VIP room kebanyakan dipakai untuk tamu-tamu luar atau Non Indonesia.

Sebagai pengguna ruang mungkin kadang tak menyadari termasuk aku sampai aku menulis tulisan ini bahwa bagaimana ruang ini bisa selalu terjaga bersih dari bekas kertas, tetesan minuman, abu rokok sampai mengembalikan barang-barang yang dipakai dan kadang tertinggal.  Ketika hadir diruang itu suasananya sudah rapi duduk sebentar tiba-tiba datang kopi atau teh dan tentunya sudah tersedia dalam selera masing masing.  Bagi yang tidak ngopi jangan takut akan mendapatkan kopi, karena lelaki yang menyiapkan ini semua tahu kebiasaan kita.

Namanya Kuatin mungkin umurnya 35 tahun, asal tebak saja.  Karir ke O Be-annya dimulai dari pembersih taman, dan akhirnya OB office.  Kenapa Kuatin menjadi begitu penting dipabrik plastik ini.  Itulah pertanyaannya sekarang.  Padahal didalam jenjang dan fungsi jabatan disebuah perusahaan mungkin fungsi jabatan yang disebut Office Boy adalah yang terkecil (mungkin).   Jika seorang O be tidak masuk kerja mungkin para marketing bisa kurang senjata jadinya karena tak ada suguhan minuman kepada tamu.  Staff Purchasing akan sulit melakukan negosiasi karena hilang percaya diri bahkan resceptionist akan pusing dibuatnya karena partnernya tidak masuk kerja.

Dengan fungsi jabatan yang paling kecil dibanding dengan fungsi jabatan yang paling tinggi di pabrik plastik dalam perihal tidak masuk kerja, sebagai sesama pengguna ruang meeting yang selalu menggunakan jasa O be pastilah merasa kurang sreg jika O be yang tidak masuk ha ha ha …

Betapa tidak inilah mungkin yang disebut Kecanduan Kuatin Si O be .  Lebih dasyat dari obat psikotropika yang mematikan.  Salah seorang senior manager Jepang kami kadang tak bisa panjang lebar mengeluarkan ide jika kopi hitam belum tersedia.  Technical Manager malah terlihat kusut jika kopi kream belum datang.  Begitulah jadinya, kenapa Kuatin begitu penting.

Kecil dan sederhana bukan ? Dan apakah yang telah dilakukan oleh O Be bernama Kuatin ini tidak perlu dihargai karena memang tugasnya dari mulai membersihkan ruang habis dipakai sampai menyiapkan minum dan memberisi gelas bahkan mengelap bekas abu di atas kaca meja meeting yang besar.  Pernahkan terpikir effect dari kopi hangat buatan Kuatin yang ampuh seakan membuka lipatan-lipatan dan membebaskan ide yang tersumbat.  Itu adalah salah satu jawabannya.

Jika rezeki kita lebih sebaiknya sisihkan buatnya, toh sisa kembalian dari pembelian rokok misalnya atau membelikan dia baju dihari raya tidak akan membuat kita jatuh miskin.  Padahal manfaat lain adalah ketika kita maju sebagai pengguna ruang dihari itu, tak perlu angkat telpon untuk memesan minuman karena minuman akan datang dengan sendirinya.  Jika tidak percaya coba saja. 


Responses

  1. Suatu ketika sehabis meeting, tinggalah aku sambil memberesi laptop. Kuatin masuk dan berucap tentang posisiku nanti dibulan
    depan, aku terkejut setengah mati. How came seorang O Be mengetahui rumor dari pada orang yang dirumorkan.

    Walau akhirnya berita itu benar, tapi tak menjawab penasaranku, tapi sudahlah aku tak mau ambil pusing dari pintu yang mana dia pernah mendengar. Yang pasti setiap pintu ada kupingnya… dan tentunya fungsi lain dari seorang O be adalah sebagai sumber rumor dan gossip. hi . hi .. hi

  2. konseling room? ruangan apa ya itu dek?

  3. @ Romlah, Konseling Room, hanyalah nama dari salah satu ruang di pabrik plastik ini. Milik Personalia, fungsinya seperti yang aku tulis.

  4. jadi bener kan dek.. posisi pekerjaan sudah berubah. kertas dimana kita memberikan bukti bahwa kita hadir kerja di hari itu seperti nya tidak mempengaruhi. ayoo..kapan nih bawa j-co ato breadtalk buat gw..?

  5. Aku tanya kuatin dulu deh …. ha ha ha…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: