Oleh: adek | Januari 30, 2007

Sudah Saatnya Orang Muda Memimpin Belitong

Dear Perenggu,

Mungkin sudah saatnya Belitong dipimpin orang muda…, orang muda yang saya maksudkan disini adalah orang yang tidak punya kaitan dengan regim sebelumnya, kami muak dengan semua yang berbau ketidakberesan dan KORUP ini.

Bagaimana gagasan orang muda bisa deterima khalayak ramai de Belitong. Saat ini aku yakin sekarangpun para calon pimpinan daerah saling menahan napas de antare pihak yang berlumba tersebut untuk merebut hati masyarakat belitong, JAIM BUNG, ha ha Ape nilai plusnya jika dipimpin urang muda :
1. Orang muda tidak punya hutang budi pada regim sebelumnya, kecuali yang kecentilan bermain mate
2. Orang muda bisa mencairkan suasana, artinya bisa memimpin dua belah pihak yang berseteru sebelumnya, karena orang muda bukan masuk dari regim mane-mane
3. Orang muda bisa lebih gila membabat KORUPSI ndak banyak perhitongan  terhadap hutang budi dan sebagainya.
4. Orang muda lebih punya pikiran gress, masih bisa diperbaiki jika menyimpang ketimbang, sudah tua tidak bisa dirubah
Menurut tulisan sebelumnya dan pantauan belau tue terhadap CAFE BARO BEGADO, politisi lama sering bernyanyi keras, HOW COME, mane janji sewaktu kampanye dulunye Bung.

Obrolan Kusong ku sering bertanya dan baru sempat kulontarkan de sini kiapeke ,,,
Cuntohnye demikian ……. Mungkin kalo Bang Rustam de daulat memimpin Belitung tercinta dari partisipan Belitong Dot com yang penuh dengan cinta ini gimana Ya ..?


Sejauh ini yang belau lakukan real dan penuh pendekatan non politis, iklas … dan begitulah mimpi kame tentang pemimpin Belitong demase depan ini.  Mimang kite juga hanya bisa nyanyi nade-nade sumbang yang negative. Jauh dari system yang ada tapi jauh delubok hati ini yang paling dalam serta percaya jua kan kawan -kawan bang milist ini pun adalah urang yang tidak ingin melihat kehancuran demi kehancuran de depan mate.. sadar atau tidak kehancuran moral sudah ade de depan muke dan tumbuh bak jamur lewat cafe berCABO import tadi.  Menurut bahase Ozzie mun kan delagukan, lagukanlah walau mesti acak adut, karena kite semua percaya untuk memberikan kontribusi terhadap Belitong apepun carenye. Karena mimang tugasku membuat panas kuping SomeBody ha ha ..
Masalah Kedewasaan (istilah sdr. Awaluddin : Kematangan Emosi), Kebijaksanaan seseorang juga tidak bisa de ukur dengan umur toh…Tak ada jaminan terhadap orang muda, juga tak ada jaminan terhadap orang tua terhadap doyannya korupsi ya .. kan ..? Jika kebutuhan terhadap perubahan terhadap sistem, buat mengacu ke arah yang lebih baik, dengan beberapa alasan yang pertama aku lontarkan secara pribadi aku katakan orang muda akan mudah menerima … debandingkan orang tua yang sering kali sudah punya pendapat duluan atau terkontaminasi terhadap pendapat lain sebelumnya. Orang muda lebih moderat wuihhhhh, cenderung terbuka ..Dan jika kontrol yang akan membantunya didalam proses perbaikan ini, juga dari orang muda akan lebih mudah, apalagi yang kontrol juga orang tua maka proses akan jauh lebih lancar, Nah kalo kebalikan sekarang seperti inilah yang terjadi…. apa kata mereka yang ada di pucuk pimpinan Belitung …Euuu biak-biak kemarik sure, ngingar saja gawenye…kemeh aja lum lurus lup begado nak ngurusek dapor urang… Belum ada sejarahnya orang muda menasehati orang tua .. ha ha.. 

Pangalaman juga tidak bisa membuktikan bisa menjadi lebih baik, malah bisa sebaliknye ….Ditempatku bekerja ada istilah Pengklamaan bukan Pengalaman, sebutan diantara kami untuk menggambarkan orang yang sudah lama kerja tapi ya seperti itu saja (ngak maju-maju). Jadi kalo ditanya berapa pengalaman kerjamu di Industri A misalnya, jawabannya bisa diartikan 2  ha ha ha … bisa pengklamaan (lama kerja saja) atau pengalaman (skill & experience). Ade yang bilang hidup de mulai dari setelah 40 tahun, kasian amat ye …. harus seperti itu ha …ha istilah orang sinek NGAPAIN AJA LOE  DARI KEMAREN….

Dalam case khusus Nabi Muhammad SAW, Rasulallah, bukanlah menjadi patokan.Nah Ketempuan kite deberi umor cuma misalnya 41 tahun dari tuhan, Allahuallam… baru memulai sesuatu eh..satu tahun udah koit duluan deh..Satu hal yang pasti mudah-mudahan sapepun yang menjadi calon ataupun nantinya menjadi pemenang pilkada nanti harus punya nomor 1 adalah kemampuan , 2 Kemauan, dan lain lainnya seperti integritas, kematangan emosi, dan kalo bisa dari kalangan muda supaya kita juga bisa bantu kontrol die ha ha… Kalo ndak ade …. PILKADA aja lagi ha ha (imang pilkada punye bapak mikak).  Jadi harus siap de pimpin dan memimpin tohh.  

Lalu untuk sudah terpola Kedewasaan biak belitong diumur muda, tergantung didikan nye …. Pemikiran biak muda orang tidak akan dewasa bila dia terus beranggapan bahwa dia adalah orang muda yang masih butuh de support, tidak akan belajar dia tentang bagaimana menangani suatu problem  Bahwa ada sesuatu yang salah dan mesti dikoreksi bersama bahwa ini ndak baik dan itu ndak baik harus di ikuti dengan penjelasan Why ..? bahase kite Ngape ndak kuang ?, Kenape ndak boleh ? Dan Kenape Orang muda tidak bisa memimpin orang tua … apakah masalah Tula dan Pemali ini…? ngak kan. Bukan porsinya orang-orang muda lagi untuk menyanyikan lagu-lagu penderitaan rakyat, turun kejalan dan demontrasi jika yang memimpin sudah menjadi lebih baikdan bukan porsinya kita disini menulis imel tentang kejelekan-jelekan dan complain terhadap lembaga pemerintahan daerah belitong jika mereka disana yang melakukan tugas dengan sebenarnya sebagai pemegang amanah masyarakat Belitong tapi setidaknya prestasinya mulai detunjukkan dengan memulangkan 2 PRT yang de selewengkan. Jalan terus…..

Salam buat PANGDAM ha ha luar biasa dengan konsep 3 S nye itu-sand sex sun sape dame beliau ini ….. 

Salam ADek 

—- Original Message —–

From: Reza Zeptinen

To: BelitungIsland@yahoogroups.com

Sent: Tuesday, January 30, 2007 5:29 PM

Subject: Re: [BelitungIsland.COM] Sudah Saatnya Orang Muda Memimpin Belitong Orang muda tidak juga menjadi jaminan kesuksesan dalam memimpin.

Perbedaannya hanya terletak pada Kinerja saja…., siapa yang bisa menjamin orang muda tidak doyan korupsi….?? Siapa yang menjamin orang muda tidak keras kepala?…. Sebetulnya yang diperlukan adalah orang yang sanggup merubah sistem yang ada.. Siapa dia? Terserah anda..bisa muda juga bisa tua….tetapi SIAP-kah anda?Kita sering menggunakan kata korupsi, tetapi sebenarnya apa saja yang bisa digolongkan tindakan korupsi ?
mari kita lihat hal-hal yang termasuk dalam level korupsi. Menurut The Indonesian Society for transparency, istilah-istilah yang digolongkan tindakan korupsi adalah sbb :Uang Tip: Sama dengan ‘budaya amplop’ yakni memberikan uang ekstra kepada seseorang karena jasanya/pelayanannya. Istilah ini muncul karena pengaruh budaya Barat yakni pemberian uang ekstra kepada pelayan di restoran atau hotel.

Angpao: Pada awalnya muncul untuk menggambarkan kebiasaan yang dilakukan oleh etnis Cina yang memberikan uang dalam amplop kepada penyelenggara pesta. Dalam perkembangan selanjutnya, hingga saat ini istilah ini digunakan untuk menggambarkan pemberian uang kepada petugas ketika mengurus sesuatu di mana pemberian ini sifatnya tidak resmi atau tidak ada dalam peraturan.

Uang Administrasi: Pemberian uang tidak resmi kepada aparat dalam proses pengurusan surat-surat penting atau penyelesaian perkara/kasus agar penyelesaiannya cepat selesai.Uang Diam: Pemberian dana kepada pihak pemeriksa agar kekurangan pihak yang diperiksa tidak ditindaklanjuti.

Uang diam biasanya diberikan kepada anggota DPRD ketika memeriksa pertanggung jawaban walikota/gubernur agar pertanggung jawabanya lolos.

Uang Bensin: Uang yang diberikan sebagai balas jasa atas bantuan yang diberikan oleh seseorang. Istilah ini menggambarkan ketika seseorang yang akrab satu sama lain, seperti antara temen satu dengan yang lain. Misalnya A minta bantuan B untuk membeli sesuatu, si B biasanya melontarkan pernyataan, uang bensinya mana ?

Uang Pelicin: Menunjuk pada pemberian sejumlah dana (uang) untuk memperlancar (mempermudah) pengurusan perkara atau surat penting.

Uang Ketok: Uang yang digunakan untuk mempengaruhi keputusan agar berpihak kepada pemberi uang. Istilah ini biasanya ditujukan kepada hakim dan anggota legislatif yang memutuskan perkara atau menyetujui/mengesahkan anggaran usulan eksekutif, dilakukan secara tidak transparan.

Uang Kopi: Uang tidak resmi yang diminta oleh aparat pemerintah atau kalangan swasta. Permintaan ini sifatnya individual dan berlaku di masyarakat umum.Uang Pangkal: Uang yang diminta sebelum melaksanakan suatu pekerjaan/kegiatan agar pekerjaan tersebut lancar.

Uang Rokok: Pemberian uang yang tidak resmi kepada aparat dalam proses pengurusan surat-surat penting atau penyelesaian perkara/kasus
penyelesaianya cepat.Uang Damai: Digunakan ketika menghindari sanksi formal dan lebih memberikan sesuatu biasanya berupa uang/materi sebagai ganti rugi sanksi formal.

Uang di Bawah Meja: Pemberian uang tidak resmi kepada petugas ketika mengurus/membuat surat penting agar prosesnya cepatTahu Sama Tahu: Digunakan di kalangan bisnis atau birokrat ketika meminta bagian/sejumlah uang. Maksud antara yang meminta dan yang memberi uang sama-sama mengerti dan hal tersebut tidak perlu diucapkan.

Uang Lelah: Menunjuk pada pemberian uang secara tidak resmi ketika melakukan suatu kegiatan. Uang lelah ini bisanya diminta oleh orang yang diminta bantuanya untuk membantu orang lain. Istilah ini kemudian sering digunakan oleh birokrat ketika melayani masyarakat untuk mendapatkan uang lebih.

Sebuah pertanyaan besar yang harus kita jawab bersama secara jujur….walaupun jujur hanya ada dikomik..kata Iwan Fals….Pernahkah kita terlibat didalamnya??
Kembali lagi ke pertanyaan awal, siapakah orang yang bisa merubah sistem
yang ada? SIAP-kah dia?I hope you’ve got what I mind….honey.Hot and Cool too,

RZ


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: