Oleh: adek | Januari 10, 2008

Laksamana Malahayati, Pahlawan Emansipasi Yang Terlupakan

kumalahayati.jpgBicara soal perempuan hebat, ada sedikit cerita tentang sosok perempuan lain yang berbeda generasi dari RA Kartini.  Perempuan yang untuknya tidak ada lagu pujian. Pahlawan yang jarang disebut namanya. pahlawan yang tidak pernah diungkit sejarahnya.  Laksamana perempuan pertama di dunia. Petarung garis depan. Pemimpin laskar Inong Balee yang disegani musuh dan kawan. Dialah Laksamana Malahayati.

Kisah Laksamana Malahayati walaupun tidak banyak, semua bercerita tentang kepahlawanannya. Pada saat dibentuk pasukan yang prajuritnya terdiri dari para janda yang kemudian dikenal dengan nama pasukan Inong Balee, Malahayati adalah panglimanya (suami Malahayati sendiri gugur pada pertempuran melawan Portugis). Konon kabarnya, pembentukan Inong Balee sendiri adalah hasil buah pikiran Malahayati. Malahayati juga membangun benteng bersama pasukannya dan benteng tersebut dinamai Benteng Inong Balee.

Karir militer Malahayati terus menanjak hingga ia menduduki jabatan tertinggi di angkatan laut Kerajaan Aceh kala itu. Sebagaimana layaknya para pemimpin jaman itu, Laksamana Malahayati turut bertempur di garis depan melawan kekuatan Portugis dan Belanda yang hendak menguasai jalur laut Selat Malaka.

Di bawah kepemimpinan Malahayati, Angkatan Laut Kerajaan Aceh terbilang besar dengan armada yang terdiri dari ratusan kapal perang. Adalah Cornelis de Houtman, orang Belanda pertama yang tiba di Indonesia, pada kunjungannya yang ke dua mencoba untuk menggoyang kekuasaan Aceh pada tahun 1599. Cornelis de Houtman yang terkenal berangasan, kali ini ketemu batunya. Alih-alih bisa meruntuhkan Aceh, armadanya malah porak poranda digebuk armada Laksamana Malahayati. Banyak orang-orangnya yang ditawan dan Cornelis de Houtman sendiri mati dibunuh oleh Laksamana Malahayati pada tanggal 11 September 1599.

Selain armada Belanda, Laksamana Malahayati juga berhasil menggebuk armada Portugis. Reputasi Malahayati sebagai penjaga pintu gerbang kerajaan membuat Inggris yang belakangan masuk ke wilayah ini, memilih untuk menempuh jalan damai. Surat baik-baik dari Ratu Elizabeth I yang dibawa oleh James Lancaster untuk Sultan Aceh, membuka jalan bagi Inggris untuk menuju Jawa dan membuka pos dagang di Banten. Keberhasilan ini membuat James Lancaster dianugrahi gelar bangsawan sepulangnya ia ke Inggris.

Ketika Negara-negara maju berkoar masalah kesetaraan gender terutama terhadap Negara berkembang dewasa ini, wilayah nusantara telah lama mempunyai pahlawan gender yang luar biasa. Laksamana perang wanita pertama di dunia.

Nama Malahayati saat ini terserak di mana-mana, sebagai nama jalan, pelabuhan, rumah sakit, perguruan tinggi dan tentu saja … nama kapal perang.  KRI Malahayati, satu dari tiga fregat berpeluru kendali MM-38 Exocet kelas Fatahillah.  Bahkan lukisannya diabadikan di museum kapal selam surabaya. di Pun demikian, entah kenapa tak banyak yang mengenal namanya. “Siapa sih Malahayati itu?” begitu sering kita dengar. Hanya ada jawaban, “Oh, dia itu Laksamana“.

Laksamana Malahayati …. grande dame (perempuan yang agung). Pahlawan emansipasi yang terlupakan.

SUMBER: http://ndobos.com/archives/133id.wikipedia.org/wiki/Malahayati

About these ads

Responses

  1. di Aceh masih ada Pocut Barin, yang gagah berani melawan belanda walaupun berkaki sebelah kayu. Nun di Melauboh, Aceh Barat sana.

  2. kalo dipikir-pikir kartini tu ga ada apa-apanya kalo dibandingkan dengan wanita yang satu ini. Yang kartini lakukan pada dasarnya hanya curhat dan mengeluh pada temannya di belanda. trus kebetulan surat-suratnya dijadiin buku.
    sedangkan Laksamana Malahayati (dan beberapa wanita pejuang aceh lainnya yang sering terlupa) mengangkat pedang, turun ke medan perang dan menghajar penjajah.
    Wanita satu ini HARDCORE banget!!!!

    • Baik Malahayati ataupun Kartini, keduanya adalah wanita hebat yang pantas kita banggakan sebagai bangsa Indonesia. Laksamana Malahayati adalah wanita yang gagah berani dan Kartini adalah wanita lembut dan baik hati, keduanya mempunyai karakter yang berbeda dan keduanya menyumbangkan amal bakti bagi bangsa kita, oleh karena itu pantas dan wajib kita tiru rasa patriotis dan cinta tanah air mereka. Merdeka

  3. Yup bradeh …..

  4. Memang jelas gak pake pikir lagi loh… dan masih banyak perempuan Aceh yang jadi pendekar, berperang melawan penjajah beberapa masa sebelum RA. Kartini..

  5. sepatutnyalah orang aceh bangga pada para pahlawan wanitnya. namun sekarang bangga tinggalah bangga>>> ??? sekarang di aceh sudah tidak ada lagi perempuan aceh yang setangguh dan segigih beliau :
    >>> Ratu Nihrasiyah
    >>> Tahun 1400-1428, menjadi ratu yang
    >>> memegang pemerintahan di kerajaan
    >>> Samudra Pasai,

    >>> Laksamana Malahayati
    Tahun 1585-1604, memegang jabatan Kepala Barisan Pengawal Istana Panglima Rahasia dan Panglima Protokol Pemerintah dari Sultan Saidil Mukammil Alauddin Riayat Syah IV. Malahayati memimpin 2000 pasukan Inong Balee (janda-janda pahlawan yang telah tewas)

    >>> Ratu Safiatuddin
    >>> Sri Ratu Nur Alam Nakiatuddin Syah
    >>> Sri Ratu Inayat Syah Zakiatuddin Syah
    >>> Ratu Kumala Syah
    >>> Cut Nyak Dhien
    >>> Cut Meutia
    >>> Pocut Baren
    dan mungki masih banyak lagiii????

    WAHAI PARA PEREMPUAN ACEH MANA PERANMU SEKARANG !!!!!!?????

  6. Dear Bang Adek…

    Salam kenal Bang. Saya baru saja meluncurkan buku tentang perjuangan Laksamana Malahayati berjudul “Perempuan Keumala: Sebuah Epos untuk Nanggroe”. Harapan saya dengan adanya buku ini perjuangan beliau tidak hanya sekedar terkubur oleh lumpur sejarah. Saya undang Bang Adek untuk mengunjungi: http://www.perempuankeumala.blogspot.com

    salam

    endang moerdopo

    • sama seperti Batik jawa karena presiden dari Jawa dibuatlah pd hari tertentu dipakai di instansi pemerintah seolah-olah daerah lain tidak punya kain sendiri alias seolah-olah nenek moyang daerah lain cuma berbusana tarzan , jauh sebelum ada batik Jawa nenek moyang daerah lain juga sudah punya tenun sendiri alias sudah berbusana man …karena batik Jawa tak laku kali…

    • asal kebiasaan orang Indonesia menulis buku tanpa membuat sumber itu ditinggalkan , bayak penulis Indonesia menulis buku tanpa membuat sumber dari mana atau siapa asal jiplak aja tulis saja , orang petantang-petenteng sok pintar , sok arkeolog, sok scientist , makanya tak ada penulis atau sok scientist dari Indonesia yg dapat hadiah nobel, semuanya dilirik dunia hanya sebagai plagiat atau penulis rendahan , tak berbudaya, tak punya harga diri…, ada pula itu sok menulis buku tentang masakan Jawa tapi bukan orang Jawa, cuihh…tapi tanpa menulis sumber dari mana dari siapa tanpa basa-basi menulis karya orang lain untuk ketenaran diri…sok Indonesia tapi tak menghargai budaya suku lain sebagai sama-sama orang Indonesia yg bhinneka tunggl ika

  7. Sebenarnya itu adalah suatu kebanggaan bagi bangsa kita (Indonesia) kenapa tidak dimunculkan ya? heraaaan.
    Toek Cut Nyak Endang Moerdopo, trims banyak yaa anda telah berbuat, sy liat foto anda di Blog dg pakaian adat memang nampak mirip cut nyak Aceh. Sy yakin kalau kisah laksaman malahayati, cut nyak dhien, dan ratu ratu Aceh lainnya di garap oleh Hollywood menjadi film kolosal, bakal boxoffice dalam sepekan. he…

  8. Assalamu’alaikum,
    Salam kenal Bang…saya pertama kali datang ke Aceh 3 hari setelah tsunami melanda Aceh dalam rangka tugas kemanusiaan (PMI). selama tugas di Aceh saya mendapat kesempatan mengunjungi kamp pengungsi di Krueng Raya tepat diatas makam Laksamana Malahayati.
    kebanggaan saya dapat berziarah di makam salah satu pahlawan besar negeri ini, tapi saya juga prihatin dengan kondisi makam yang tidak terawat saya berharap pemerintah mau memperhatikan hal itu karena sangat penting sekali bagi sejarah bangsa ini.
    disana saya juga menemukan malahayti yang lain yakni seorang bidan yang sedang hamil tua dan berjuang ketika tsunami datang dan setelah melahirkan dia tetap mengabdi menolong sesama di kamp pengungsian, tapi keprihatinan saya juga masih berlanjut karena sampai saat ini beliau belum juga diangkat menjadi PNS.
    nama anak yang ia lahirkan ketika tsunami melanda adalah SAKIRA MALAHAYATI yang juga mengilhami kepada saya untuk memberikan nama pada anak kedua saya yaitu NAJWA MALAHAYATI semoga semangatnya menjadi tauladan kepada anak saya.
    Maaf ya Bang…jadi curhat nih, tapi saya berharap pemerintah dapat memperhatikan Malahayati2 yang seperti Bu Bidan yang saya temui di Krueng Raya.

  9. ooo..gtu trnyata sjarah dr nama malahayati..

    siip….
    sip ..!!

  10. kebetulan saya kuliah di universitas malahayati bandar lampung..,dengan sebutan almamater malahayati kami merasa bangga dengan sejarah para perempuan indonesia, terutama laksamana malahayati..,mungkin bagi pembaca lainnya yaitu perempuan untuk bisa jadi dominan moto motivasi semangat buat berkarya di indonesia raya ini..tak terkecuali kaum adam, bisa berfikir sederhana..perempuan bisa begitu kenapa pria nggak..!
    trim’s atas view sejarah mu indonesia!!!!!!!!

  11. Wah, asik banget nih infonya…

  12. aturan namanya
    laksamana besar malahayati! dulu jman kekejaman belanda ada marsekal ga!

  13. berbangga lah pada nenek moyang kita
    trus galak kan hakikat….
    trus berjuang…
    bawakan nama aceh sampai ke ujung dunia..

    kami anak cucu mu merasa bangga pada perjuanggan mu

    engkau lah satu-satu@ wanita pertama yang pernah mengarungi lautan yang luas hanya untuk menghisap darah penjjah..

    sekali lagi kami bangga pada mu..

    the son of aceh will take a world…with spirit stongly and momorize what they did.we will be like them.

  14. setuju, wanita ini jauh lebih hebat dan hardcore dari kartini, salut buat laksamana malahayati, ada informasi menarik dari milis sebelah, baca deh untuk menambah ilmu http://www.forumbebas.com/printthread.php?tid=65872

  15. RA Kartini tdk bsa dsamakan dg Malahayati, beda jauh bgt Levelnya.sebenarnya sy tdk setuju kartini dijadikan pahlawan apa lg dia seorang poliandri.dia pun juga antek belanda,dan lebih jauhnya lg silahkan temen2 cari tau sndri ttg Karttini, search dr google aja.Hrs ada yg review ulang ttg kepahlawanan kartini ini.Bahkan bsa aja dganti dg pahlawan wanita lainya dr seluruh negri ini.

    • setuju bgt…,
      bosen, kok pahlawan dari Jawa melulu ya?

      • Saya orang Jawa tp untuk hal ini saya memilih Laksamana Malahayati. Lepas dari emansipasi atau apalah namanya, Laksamana Malahayati lebih dari Kartini.

      • Setuju harus ada review dengan sejarah kita, terbukti Laksamana Malahayati ditakuti Belanda karena melawan dan mengalahkan mereka, sehingga mereka tidak mau tulis dalam sejarah yg dapat mempermalukan mereka, bayangkan armada mereka yg cukup ditakuti di dunia barat kala itu dikalahkan oleh armada yg dipimpin seorang perempuan, janda pula.
        Kita generasi muda ini, bangga rasanya memiliki pahlawan perempuan seperti Malahayati yang seharusnya dapat dijadikan pahlawan nasional

      • padahal Jawa paling lama di jajah Belanda :350th, Sultan aceh ditaklukkan Belnada tahun 1923 kalo gak salah , raja Batak ditaklukkan Belanda setelah wafatnya Sisingamangaraja tahun 1902

  16. Saya baru tahu,,gigihnya en ceritanya seperti itu…
    Memang benar dia adalah pahlawan wanita yang terlupakan..ckckckc

  17. Tanah Aceh…telah melahirkan para ksatria besar, pejuang pemberani, Orang-orang besar yang mejnadi legenda…salahsatunya Pangliwan laut pertama di dunia… “Yang Mulia” Bunda Laksamana MALAHAYATI…Semoga do’a kami yang hidup d zaman ini untukmu surga nan berkah…terima kasih..bunda…

    Sumber inspirasi para kaum perempuan di dunia…

  18. keren bgt…

  19. Satu lagi pahlawan perempuan Indonesia…….
    sayang gak setenar cut nyak dien dan ibu kartini…

    :iloveindonesia
    :D

  20. Saya pernah satu tahun di aceh (pasca Tsunami), dan selalu penasaran dengan siapa Keumalahayati ini.
    Tulisan anda menarik dan bermanfaat sekali, sudah ada yang memposting tulisan anda di kaskus.. bahkan jadi Hot Thread, Selamat!!!

    Salam hangat…
    Dean97

  21. kalau ada waktu mampirlah ke sini:

    http://desaputra97.wordpress.com

    postingan baru dua, maklum sedang belajar “menulis” :)

  22. sebenarnya bukan berbicara masalah emansipasinya atau bukan kalo menurutku… tapi lebih ke peran sebagai apa yang dengan sepenuh jiwa beliau mainkan…

    apakah sebatas didorong oleh motif ekonomi? sekedar berupaya dalam meng-eksiskan hegemoni kaum hawa ditengah2 masyarakat Aceh? ataukah ada motivasi lain yang menjadi jiwa bagi perjuangan Beliau…

    mengingat emansipasi wanita merupakan sebuah realita tanpa nama di dunianya pada waktunya…

    belum lagi pemaknaan yang benar terhadap emansipasi itu sendiri…

  23. Muslimah yang satu ini emang dahsyat, Jihad yg sebenarnya, kalo pahlawan perempuan lain cuma bs nulis doang. Sayang Indonesia sering menyembunyikan Sejarah yg sebenarnya, apakah karena beliau seorang muslim?

    • memangnya ada pahlawan kristen yg imunculin di media ? Martha Tiahahu misalnya

  24. Setelah berlangsungnya 5 th perdamaian (antara RI & GAM) ada baiknya pemerintah meresmikan kepahlawanan beliau dlm buku sejarah SD atau SMP. Sementara ini sejarah Malahayati baru “terbaca & terdengar” dlm bentuk sepotong sepotong. Saya sependapat ide kepahlawanan beliau di film-kan. Untuk pemerintah provinsi NAD Aceh coba diurus makam beliau yg terkesan tak diurus (saya pernah berkunjung ke Aceh 2005 – 2009).

  25. Aku Tau MALAHAYATI dari ALBUMnya Bang IWANFALS yg Baru.
    trims Buat Infonya………

  26. kita sewaktu di SD disodorkan kisah (pelajaran sejarah) bahwa rombongan or. Belanda yg pertama kali datang ke bumi Nusantara dipimpin Cornelis de Houtman. Ternyata beliau ini mati ditangan Laksamana Malayati. Didalam literatur bangsa Eropa terutama Portugis kepahlawanan Malahayati cukup dikenal. Saat itu kerajaan Aceh sedang dekat dgn Portugis. Sebetulnya masih banyak cerita tentang dia yg bikin kita takjub.

  27. R.A. KARTINI ≠ / < LAKSAMANA MALAHAYATI

    (kartini tidak apa-apanya dibanding Laksamana Malahayati) kenapa gelar pahlawan diberikan kepada orang yang cuma bisa nangis dan curhat di surat dengan teman-temannya yang orang belanda yang jadi musuh kita waktu itu?
    berbeda dengan malahayati yang justru memerangi penjajah..

  28. Kayaknya Laksamana Malahayati hidup sejaman dengan Ratu Kalinyamat seorang Ratu sekaligus Laksamana dari Jepara (Jawa Tengah). Kira-kira mereka punya hubungan politik nggak? Soalnya mereka sama-sama muslimah dan punya musuh bersama yaitu Portugis. Tks komentarnya.

  29. saya bangga dengan leluhur saya yang telah berjuang mati2an demi negara aceh darussalam,semangat aceh kita berjuang mati2an sekarang demi anak cucu kita…jangankan orang lain anak sendiri kita panjung kalau perlu seperti raja sultan iskandar muda lakukan…jangan pernah percaya yang namanya dengan indonesia karena mereka cuma mengingikan kekayaan aceh semata dan mereka pandai menipu,lagi pula kita tidak ada hubungan darah dengan mereka indonesia dan nenek moyang kita berasal dari arab,cina,eropa dan hindia makanya terbentuk lah atjeh sedangkan indonesia entah dari orang mana asalnya dan indonesia iri sama aceh karena atjeh kaya,makmur,tentram,adil dan kuat seperti kerajaan atjeh dulu….aku berani perang sampai mati kalau ada yang cari gara2 sama atjeh termasuk indonesia ku hancurin kalau macam2 sama atjeh. .dendam tetap dendam buat orang atjeh…..
    aku pemimpin negara atjeh selanjutnya :
    TEUKU MEURAH MEUKUTA PERKASA ALAM ATJEH TURKI
    salam atjeh..

    • Pungo kah, lagee aneuk bajeng. Haba hana pah arah.

    • ulon setuju that nyan Teuku…….

  30. seumur -umur aku juga baru mengetahui setelah aku putar ulang lagu iwan fals yg berjudul malahayati,,,dan akhirnya aku cari siapa sebenernya beliau,dan aku temukan ,,,keterangan melalui catatn ini,,,,sungguh norak aku ini dan sungguh tak berpengetahuan,,,,dimana letak nasionalisme dan kepahlawan,,tapi setidaknya sekarang sudah terbuka dan sedikit mengetahui siapa Beliau ,,,,,Pahlawan ku ,,,maafkan aku yg tidak begitu banyak mengenal mu ,,,,dan yg punya tulisan terimakasih banyak ,,,,,,(Aku asli orang Jawa Tengah )

  31. keren banget dengerin lagunya iwan fals, jd googling Laksamana Malahayati juga

  32. kenapa mesti kartini, kenapa tidak malahayati yg jd pahlawan…aku binggung dengan bangsa ini….pantas seorang iwan fals bikin lagu ttg malahati…

  33. Wah,ternyata ada pahlawan wanita lain ya selain kartini.makasih ya.

  34. Sebentar lagi ada fil animasi KeumalaHayati dari Dancow, mudah2an bisa rilis Juni/Juli 2012

  35. sebagai anak bangsa tentu kiita sayangkan sekali tentang tak adilnya pemerintah kita dalam menentukan kriteria Pahlawan.Malahayati pantas mendapatkannya.memang aneh negeri ini .kok segitu tega-teganya menutup-nutupi perjuangan seseorang. atau memang dulu soekarno and soeharto memang benci atceh.dengan segala cara antek-anteknya menutup-nutupi sejarah aceh.kalau perlu gak ada dipentas sejarah indonesia tentangaceh.Terlalu.sekarang tersibak semua.sepandai-pandai menutupi kebusukan akhirnya malah orang luar yang membongkar kebusukan itu.karena fakta sejarah adalah milik dunia.dan barat malah salut dengan perjuangan sang COMMANDER pertama di Dunia ternyata berasal dari Negeri ini.Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya.Bagaimana tindakan selanjutnya…? kita tunggu gerak nyata pemimpin sekarang.Halo pak SBY…..tolong luruskan sejarah ini pak yaa.trims.

  36. Sbenarnya mmg banyak skali pahlawan wanita yg tdk terekspos. Di tanah Bugis ada Andi Besse Tarasu yg juga berada di garis depan berjuang melawan penjajah. Sy sangat bangga terhadap beliau yang kebetulan adalah Nenek langsung saya. Salut terhadap Bapak Surya Paloh yang mengabadikan nama Malahayati dalam salah satu Garda Wanita Partai NasDem, yaitu Garda Wanita Malahayati dimana sy ikut aktif di dalamnya dan program2 kerjanya sungguh2 menyentuh segala aspek kehidupan wanita.
    Hai para wanita Indonesia, mari berjuang dalam bidang kerja kaita masing2. Jaman sekarang yg kita perangi adalah kebodohan, kemiskinan, KDRT, korupsi, eksploitasi dan masih banyak lagi lainnya.
    Setuju kisah hidup beliau di filmkan dan di masukkan sebagai salah satu pahlawan nasional. Gerakan perubahan inilah yg harus kitaperjuangkan bersama2. Salah satuanya adalah mengambalikan sejarah yg sesungguhnya krn begitu banyak fakta sejarah yg diputarbalikkan demi kekuasaan pihak tertentu.
    VIVA Bunda Malahayati!!!!
    Tq penulis telah sharing tulisan yg sangat bermanfaat ini

  37. izin Share di Facebook Gan..

  38. izin share kefacebook, cuma mau ngasih tau ke yg laen siapa itu “LAKSAMANA KEUMALAHAYATI”
    agar nama malahayati bisa dikenang dgn orang2, dan tidak mati dimakan zaman ..
    Salam

  39. tidak boleh melupakan sejarah,, :D

  40. Jejak Perempuan Keumala kami teruskan di SINI

    silakan mampir
    saleum


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: