Oleh: adek | Oktober 30, 2007

Sejarah Berdirinya YAKUZA, The Gangster Of Japan

yakuza_logo_preview.jpgSejarah panjang Yakuza dimulai kira-kira pada tahun 1612, saat Shogun Tokugawa berkuasa dan menyingkirkan shogun sebelumnya. Pergantian ini mengakibatkan kira-kira 500.000 orang samurai yang sebelumnya disebut hatomo-yakko (pelayan shogun) menjadi kehilangan tuan, atau disebut sebagai kaum ronin.

Seperti kata pepatah : “orang yang hanya punya martil cenderung melihat segala sesuatu bisa beres dengan dimartil..”, demikian juga dengan kaum ronin ini. Banyak dari mereka menjadi penjahat dan centeng. Mereka disebut sebagai kabuki-mono atau samurai nyentrik urakan yang ke mana-mana membawa pedang. Mereka berbicara satu sama lain dalam bahasa slang dan kode rahasia. Terdapat kesetiaan tingi di antara sesama ronin sehingga kelompok ini sulit dibasmi.

Apakah kaum ronin ini yang menjadi biang Yakuza…? Bukan.

Untuk melindungi kota dari para kabuki-mono, banyak kota-kota kecil di Jepang membentuk machi-yokko (satgas kampung). Satgas ini terdiri dari para pedagang, pegawai, dan orang biasa yang mau menyumbangkan tenaganya untuk menghadapi kaum kabuki-mono. Walaupun mereka kurang terlatih dan jumlahnya sedikit, tetapi ternyata para anggota machi-yokko ini sanggup menjaga daerah mereka dari serangan para kabuki mono. Di kalangan rakyat Jepang abad ke 17 – kaum machi-yokko ini dianggap seperti pahlawan.

Masalah jadi rumit, karena setelah berhasil menggulung para ronin, para anggota machi-yokko ini malah meninggalkan profesi awal mereka – dan memilih jadi preman. Hal ini diperparah lagi dengan turut campurnya Shogun dalam memelihara para machi-yokko ini. Ada dua kelas profesi para machi-yokko, yaitu kaum Bakuto (penjudi) dan Tekiya (pedagang). Namanya saja kaum pedagang – tetapi pada kenyataannya, kaum Tekiya ini suka menipu dan memeras sesama pedagang. Walau begitu, kaum ini punya sistem kekerabatan yang kuat. Ada hubungan kuat antara Oyabun (Boss-bapak) dan Kobun (bawahan-anak), serta Senpai-Kohai (Senior-Junior) yang kemudian menjadi kental di organisasi Yakuza.

PEJUDI SEWAAN

Kaum Bakuto (penjudi), punya sejarah yang unik. Awalnya mereka disewa oleh Shogun untuk berjudi melawan para pegawai konstruksi dan irigasi. Untuk apa…? Agar gaji para pegawai konstruksi dan irigasi habis di meja judi – dan tenaga mereka bisa disewa dengan harga murah!

Jenis judi yang biasa dilakukan adalah menggunakan kartu Hanafuda dengan sistem permainan mirip Black Jack. Tiga kartu dibagikan dan bila angka kartu dijumlahkan – maka angka terakhir menunjukkan siapa pemenang. Nah diantara sekian banyak “kartu sial”, kartu berjumlah 20 adalah yang paling sering disumpahi orang, karena berakhiran nol. Salah satu konfigurasi kartu ini adalah kartu dengan nilai 8-9-3 – yang dalam bahasa Jepang menjadi Ya-Ku-Za – yang kemudian menjadi nama asal Yakuza.

Dari kaum Bakuto ini juga muncul tradisi menandai diri dengan tattoo sekujur badan (disebut irezumi) dan yubitsume (potong jari) sebagai bentuk penyesalan ataupun sebagai hukuman. Awalnya hukuman ini bersifat simbolik – karena ruas atas jari kelingking yang dipotong membuat si empunya tangan menjadi lebih sulit memegang pedang dengan mantap. Hal ini menjadi simbol ketaatan terhadap pimpinan.

YAKUZA MODERN

Waktu pun berlalu, kaum Bakuto dan Tekiya menjadi satu identitas sebagai Yakuza. Kaum yang asalnya bertugas melindungi masyarakat – menjadi ditakuti masyarakat. Para pimpinan Jepang memanfaatkan hal ini untuk mengendalikan masyarakat dan menggerakkan nasionalisme. Yakuza ikut direkrut oleh pemerintah Jepang dalam aksi pendudukan di Manchuria dan China oleh Jepang tahun 1930-an. Para Yakuza dikirim ke daerah tersebut untuk merebut tanah, dan memperoleh hak monopoli sebagai imbalan.

Peruntungan kaum Yakuza berubah setelah Jepang menyerang Pearl Harbor. Militer mengambil alih kendali dari tangan Yakuza. Para anggota Yakuza akhirnya harus memilih apakah bergabung dalam birokrasi pemerintah, jadi tentara atau masuk penjara. Boleh dikata pamor Yakuza tenggelam.

Setelah Jepang menyerah, para anggota Yakuza kembali ke masyarakat. Muncul satu orang yang berhasil mempersatukan seluruh organisasi Yakuza. Orang itu adalah Yoshio Kodame, seorang ex-militer dengan pangkat terakhir Admiral Muda (yang dicapainya di usia 34 tahun). Yoshio Kodame berhasil mempersatukan dua fraksi besar Yakuza, yaitu Yamaguchi-gumi yang dipimpin Kazuo Taoka, dan Tosei-kai yang dipimpin Hisayuki Machii. Yakuza pun bertambah besar keanggotaannya terutama di periode 1958-1963 – saat organisasi Yakuza diperkirakan memiliki anggota 184.000 orang – atau lebih banyak daripada anggota tentara angkatan darat Jepang saat itu. Yoshio Kodame dinobatkan sebagai godfather-nya Yakuza.

ECSTASY, PACHINKO DAN PELUNCUR ROKET

Di masa kini, keanggotaan Yakuza diperkirakan telah menurun tajam – tetapi bukan berarti tidak berbahaya. Tulang punggung bisnis illegal mereka adalah pachinko, perdagangan ampethamine (termasuk ice dan ecstasy), prostitusi, pornografi, pemerasan, hingga penyelundupan senjata.

Di era 1980-an, Yakuza mengembangkan sayap mereka hingga ke Amerika, dan ikut masuk dalam bisnis legal untuk mencuci uang mereka. Dalam operasinya, Yakuza membeli asset di Amerika – dan salah satu yang pernah mencuat ke permukaan adalah keterlibatan Prescott Bush Jr., saudara dari presiden George Bush dan paman dari Presiden George W. Bush Jr., dalam transaksi penjualan perusahaan Asset Management International Financing & Settlements di awal 1990-an.

Berdasarkan perkiraan kasar dari sumber majalah Far Eastern Economic Review edisi 17 Januari 2002 – Yakuza diperkirakan telah menanamkan uang hingga USD 50 Milyar dalam investasi saham dan perusahaan di Amerika. Bandingkan dengan cadangan devisa Indonesia yang USD 36 Milyar.

Di dalam negeri, Yakuza juga ditengarai turut berperan dalam anjloknya ekonomi Jepang selama 10 tahun terakhir. Sebagai akibat amblasnya bisnis properti dan macetnya kredit bank di Jepang pasca 1990 – banyak debitor yang menyewa anggota Yakuza agar agunan mereka tidak disita oleh bank. Selain itu, banyak perusahaan yang memperoleh pinjaman bank – pada dasarnya adalah sebuah kigyo shatei atau perusahaan boneka miliki Yakuza. Perusahaan milik Yakuza ini diperkirakan memperoleh kredit antara USD 300-400 Milyar, dan sebagian dari jumlah itu dialirkan ke induk organisasi Yakuza. Menghadapi hal seperti ini – bank Jepang jelas tidak bisa berkutik.

Di sisi lain, anggota Yakuza juga kerap membeli asset properti dengan harga miring dari perusahaan yang butuh cash – untuk dijual kembali dengan harga tinggi – apapun itu mulai dari apartemen, perkantoran hingga rumah sakit. Bila sebuah bangunan telah dibeli oleh Yakuza – siapa sih yang berani jadi tetangga mereka? Alhasil harga properti langsung amblas, dan segera naik segera setelah Yakuza menjualnya.

Selain beroperasi secara di level bawah, Yakuza juga menggurita di kalangan politisi Jepang. Beberapa praktek suap telah terbongkar termasuk dalam program tender proyek umum senilai trilyunan yen. Program rekapitalisasi perbankan Jepang yang berlarut-larut tidak kunjung selesai – diperparah oleh keterlibatan Yakuza yang sangat berkepentingan dalam bisnis properti dan kredit perbankan. Saat ini perbankan Jepang masih menanggung beban kredit macet sebesar kira-kira USD 1,2 Trilyun – dan membuat ekonomi tidak bertumbuh selama 10 tahun terakhir
(dikutip dari wikipedia)

BlueFame Forums: A Blue Alternative Community > BlueFame Pustaka > Sejarah > Sejarah Dunia

About these ads

Responses

  1. pex mentul selalu jaya

    • i’m yakuza yg udah ditunggu2……

  2. Hebat…. Saya jadi tau yakuza…

    Tapi saya masih menaruh hormat pada mereka, karena kesetiaan mereka yang ga bisa dibandingin dengan kelompok manapun….

    • hehehe ente gak tau ya …
      ada yang ikatannya jauh lebih kuat
      yaitu Gerakan Dakwah Islam … Al Ikhwan Al mUslimuun
      para sahabat juga dulu ikatannya kuat banget, apalagi mereka dalam kebaikan

  3. I love Yakusa Meitripansyah teman sma ku yg kutembak 3 kali tapi tetap tak mau pacaran dgn ku, tapi kok nama depanmu yakusa ya, untung pake s ngak pake z… Oh dimanakah kao brada… Yakusa sayang

  4. @ Sutrisno, ente belum sembuh juga ya…?

    • belum aku masi di melacurkan diri, mau ikut ga’?
      banyak untungnya

      Huuuuangattt aaahhhhh

  5. Wah Keren Detail Juga Infonya
    saya Penggemar Yakuza Juga jadi Lebih Tau Tentang Yakuza. Thanx

    • sinting lo!!!!

  6. Mkacih,,,
    Aq jdi tw sejarah yakuza…

  7. bozz… klo bleh tau!!!! yakuza sampae ckrang msih ada gx???

    • masih bos… sya pendri ykz d indnesia.

      • mana ada yakuza orang indonesia ,
        yang ada mafia yakuza semua orangny orang jepang ga ada yng lain

  8. yakuza ………. !?

    my inspiration, yg bs ngbuat krya q jd lbh bae…

    thx yax…

    • kake’ metel

  9. yakuZZa???

    Atuutt!!

  10. Hel me dunk,,,,
    Ak mw bahas Yakuza di skripsiku, tp bingung masalah penelitian ttg Yakuza’ a ap?,,,
    Thx alL_

    Regards
    helchan

  11. banzai!!!! yakuza!!!

  12. yakuza bukannya sama dengan zionis

  13. sumpah,dari gw kecil gw nge fans bgt ma yakuza….
    hidup gw berkiblatkan yakuza.
    yakuza pedoman hidup bgt bwt gw….
    thnx yakuza….u’r my inspiration….

    • ngarang deh lo…

  14. kigondes….bicara jidad adalah babi yakuza

  15. yakuZa !!!! aq ngfans BGT yakin ma yakuza!
    PERSABATAN antar kerabat yg jadi insprirasi gw!!!

  16. YAKUZA,…
    keUReeeeeeeee,…..NNNNNNnnnnnnnnn !!!!

  17. baca artikel yg melibatkan yakuza di kaskus..gw g habis pkir..ckckckckcck

  18. ap yg bsa dicontoh dri yakuza? solid? cerdik? “persahabatan”??
    mana yg lebih berharga drpd sbuah sukacita dan kedamaian? buat ap hdup klo cuma jdi parasit? ap artiny kebahagiaan sendiri? smua itu cuma sementara..msh ad yg menanti stlh ini..siapa yg menabur maka dialah yg menuai..siapa menabur kejahatan pun akan menuai kejahatan..

    • Saya setuju dengan Anda!!!

  19. artikel ini di sadur dari wikipedia.org kan bro ? mantap infona

    • aku copas dari BlueFame Forums: A Blue Alternative Community > BlueFame Pustaka > Sejarah > Sejarah Dunia..

  20. gw penggemar berat yakuza.
    gw jd makin suka ama organisasi yakuza

  21. film jackie chan yang baru mantep tuh
    tentang gank2 jepang gitu… mantap

  22. keren bro……..
    gw salut sma solidaritas sesama anggota yakuza………

  23. Yakuza is the best

  24. Uuuww..
    Trnyata yakuza itue..
    Kyen ya..!

  25. yakuza duancoxxxxxxx njaran, bawok teles petek, asu, selet jaran , harusnya namanya WC umum nugapain poake, yakuza

  26. Yakuza koyok gathel
    Anggotanya Suka NGLOCO
    sex.sex

  27. Yakuza ne….. sama dengan bajingan san…… artine Bageroooo,”””

  28. karenz…… benetzzz…..
    coba, tambah lagi biar lebih rinci pembahasannya.
    and bahas juga tentang anggota wanitanya yakuza….
    thanx to all…

  29. klw DI jepang YAKUZA……..!

    klw dI indonesa YAKUSUT……..!

    keren ng………………..???????????

    ntr w yg bikin…………………!

  30. I liK3 that……………!!!!!!!!!!!!
    YakUzA

  31. bagus mas. thanks sdh berbagi/

    • sama-sama…

  32. hmm asiik jg latar belakan yakuza……………………!!!!!!!!!!!!!!!!!
    I lik3 that>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>

  33. Yakuza CoPo….!!!

    masih bguZan *BONEK*
    HAHAHAHA…..

  34. sangat ,,emarik….
    sjrah yg luar biasa…
    jepang mmng hbt…

  35. menarik untuk di teliti nich

  36. gw sangat ingin sekali masuk gangster yakuza…..

    tapi apa boleh ya….???????

  37. akhirnya ada yang jelas..makasih:)

  38. wah..lengkap nih…yakuza..gank…
    di indonesia yang kaya ginian ada ga ya??

  39. yakuza akuuu tkd dger nma i2
    tp mseh g skrnk yakuza
    knd saiiank kloo udh bubar,,,

  40. aku kira nama yakuza itu nama permainan nggak taunya itu emang bner2 mafia di jepang…
    makasi informasinya iaa bang…!

    and jangan suka merokok…

  41. Saya juga mengira kalau Yakuza itu hanya sebuah game belaka.
    Tapi ternyata benar-benar dari sejarah jepang.
    Terimakasih Ya…..
    Ini adalah informasi yang sangat bagus
    Lumayan untuk menambah wawasan^_^

  42. gw salut ma rsa persaudaraan mereka yg kuat> saling melindungi……itulah keluarga

  43. Gw snGat sLut jGa……….

    ma Gank yakuza ?

  44. ayok mau sex sama miyabi

  45. pantek go bagong lateh

  46. cool

  47. tmn ku thakasi dlu jg pernah crita mirip bgt ma crita ini.. good info

  48. SATU KATA BUAT LO..PLAGIATOR…COPY PASTE
    WKWKWKWKWKWWW

  49. BERSEDIA MATI-demi pimpinan utama yakuza?
    Siapa pimpinan itu?

  50. kayaknya ga jauh beda sama keterangan dari wikipedia

  51. Jaringan yakuza di seluruh dunia ada jangan sembarangan..mau gabung dengan yakuza? Anda yakin?anda harus memberikan kesetiaan hidup anda buat organisasi..

  52. wah…,terima kasih
    jadi tahu lebih tentang Yakuza…
    patut dicontoh ke”solid’annya

  53. yakuza emng top bgt…i like Yakuza..

  54. cooL
    I LIKE YAKUZA

  55. jdie pneng ikut anggota Yakuza

  56. pemimpin yakuza asli…..ad di indonesia..namax jaenal anak pasar……hee…e..e…

  57. wei xde guna dol kalau korang suka2 yakuza nie … cuba lah selawat kat nabi ada juga faedahnya … yakuza xde kejayaan pun mangkuk … tulah sume iman lemah termasuk aku …. taubatlah kawan2ku di indonesia ye …salam .by aro hamba yang serba doif

  58. keren brow. .gw salut sma kesetiaanya thdp orgnisasinya.

  59. keren bro. .gw salut sma persatuannya. .coba kta kya gt..

  60. makanya main ke jepang aja biar tahu pastinya jangan cuma nongkrong diwc tetangga. kutunggu kedatangan kalian dijepang.

  61. Since West has recently started his own clothing line, I suppose he fancies himself a master in this department.
    E! News reported that at a swanky launch party for True Reflection, a
    perfume line. If you do, this lets people realize that
    easy everyday items such as your pillow or perhaps a favorite family photo.

  62. Keren jg nich riwayat Yakuza, SMART, tp sayang jalurnya salah, nice share gan tx :)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: