Oleh: adek | Oktober 1, 2007

kesenian belitung tulisan penggulu gawai belitong.com

> MOLOK
Drama panggung masyarakat Belitong. Semua pemain adalah lelaki dan jika ada karakter perempuan tetap diperankan oleh lelaki yang berdandan perempuan.
Karena masih terlalu kecil, aku kurang ngerti ceritanya. Di dalam Mulok ade juak karakter-karakter lucu seperti punakawan, hanya itu yang menarik buat aku yang waktu itu masih sekolah SD. Sekitar tahun 1978 ade group mulok desa Kemiri dan desa Parang Buloh, daerah belantu. Cerita yang ditampilkan seputar kisah2 putri dan pangeran dari kerajaan Melayu. Sebuah cerita ada yang harus dipentaskan selama beberapa malam baru selesai. Pentasnya sama dengan panggung orkes dangdut jaman sekarang, hanya saja sarana penerangan hanya
menggunakan lampu petromax, tentunya tanpa sound system. Aku ngerase berutang budi dengan kesenian ini karene belau tue pertame kali betemu (kemudian membiakan) de acare mulok de desa Tanjong Kelumpang.

a_marastaon_04.jpg> BEREGONG/BERIPAT
Aku rase kesenian ini masih ade sampai sekarang, terutame de daerah Belitung Selatan (Belantu). Ada dua keunikan dalam setting kesenian ini.
Pertama dari sisi panggung. Disamping dibuatkan panggung seperti layaknya ring tinju, panggung tempat musiknya (Beregong) biasanya dibuat tinggi sampai 20an meter.
Mungkin agar musiknya bisa terdengar jauh. Perangkat musik terdiri atas gong, gamelan dan gendang. Musiknya terdengan seram, cocok dengan suasana duel beripat yang menjadi tontonan utama. Keunikan kedua adalah dari duel beripat itu sendiri. Senjata/perangkat beripat terbuat dari rotan, mirip cambuk. Para pemuda yang berani akan tampil untuk berduel, saling mencambuk
dan yang menang adalah yang lukanya paling sedikit. Tidak ada hadiah dalam pertandingan ini karena biasanya hanya berjalan selama satu ronde.
Sebelum menemukan pasangan berduel, biasanya para pemain yang umumnya juga penonton menari-nari di atas panggung. Tidak tahu bagaimana cara menemukan lawan, tapi biasanya setelah sepasang pemain siap bertanding mereka mendaftar ke panitia. Salah satu syarat dari pasangan yang bertanding tidak boleh dari satu kampung, konon untuk menghindari dendam. Pertunjukan ini erat kaitannya dengan adu kanuragan dan unjuk keberanian. Tidak sembarang orang bisa ikut beripat. Konon jaman dulu banyak yang sampai meninggal karena kehabisan darah, terutama kalau kalah dari para jago yang ilmu-nya tinggi.

> CAMPAK
Ade dua jenis, campak laut dan campak darat. Campak laut adalah kesenian suku sawang (suku laut) dan hanya dimainkan oleh mereka. Campak laut biasanya dimainkan bersamaan dengan acare Buang Jong. Campak Darat sebenarnya mirip, tapi lebih sering dimainkan oleh orang melayu
pedalaman (darat). Pertunjukan ini adalah acara berbalas pantun diiringi pertunjukan
> musik sederhana. Penyelenggara menampilkan dua orang penari perempuan, kemudian para tamu (penari pria) ikut menari bersama kedua penari tersebut sambil berbalas pantun. Penari biasanya menerima tips dari penari pria, dan dengan sedikit nakal biasanya uang tips diselipkan di bra si penari perempuan. Mungkin Campak darat mirip dengan tari Ronggeng atau Jaipongan kali ya ?

> BERINAI
Aku endak pernah nonton pertujunkan ini. Konon kabarnya pertujukan ini mirip CAMPAK, tetapi lebih focus kepada acara berbalas pantun. Ada juga penari perempuan yang menari menggenakan kebaya dan memainkan selendang, tapi tidak ada acara memberikan tips dengan cara-cara agak nakal seperti Campak Darat.

About these ads

Responses

  1. mimang sebaiknye kite sebagai urang belitong dapat terus melestarikan kebudayaan kite. akan lebih baik agik mun kesenian daerah belitong didokumentasikan atau dibukukan supaya biak-biak muda tau tentang daerah e sendirik.

  2. aku juag bangge
    mun ade misal
    kawan2 belitong
    yang ade diluar belitong
    nak same2 melestarikan budaye kite
    khususnye mahasiswa yang ade di jgja
    meji aku disanak juak

    yuk kite same same belajar
    lestarikan budaye
    kite
    gimane……….

    aku tunggu balasan kalian
    di E mail ako

    babel_pdx@yahoo.co.id
    aku tunggu ye
    jangan endak
    ok
    yuk bekawan…………….??

  3. Ass..amun sekarang se keliatan e urang Belitong ne la maju2 juak ye,la ndak agik gaptek.cayo! idang urang belitong.

  4. iye bu….

  5. Buat anak2 SMANSA TG.PANDAN,ALUMNI 2008
    I MIZZ KALIAN

  6. ada yg punya video beripat yg boleh disharing?

  7. bagus juak dek ade ide nok gini dari ibu muslimah

  8. kuang ke nak betanyak sikit tentang campak……….idang skeripsi


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: